Emansipasi Gender Setang Bunder

J.B. Satrio Nugroho

Editor

Emansipasi Gender Setang Bunder
Emansipasi Gender Setang Bunder

Intisari-Online.com -Para produsen mobil mengamini bahwa mobil bukan saja milik kaum Adam. Lebih dari dua pertiga dari total mobil baru terjual setiap tahun kepada kaum Hawa; 8 dari 10 keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh para wanita.

Margaret Brooks, Marketing Manager Chevrolet, seperti dikutip Forbes, mengatakan bahwa faktor-faktor yang membedakan antara pria dan wanita dalam hal membeli mobil semakin berkembang. “Sepuluh tahun lalu, banyak pembeda dalam hal alasan membeli mobil antara pria dan wanita. Kini, mereka mempunyai alasan yang hampir sama mengenai mobil seperti apa yang mereka butuhkan,” kata Brooks. Pada dasarnya, baik pria maupun wanita membutuhkan sebuah mobil yang bisa mereka percaya dan andalkan.

“Wanita menginginkan sesuatu yang lebih daripada yang diinginkan pria untuk sebuah mobil,” kata Sheryl Connelly, Chief Marketing Ford, seperti dikutip CNN. Misalnya, bukan hanya performa dan desain, namun wanita juga mempertimbangkan keamanan dan fitur yang ada di dalam mobil tersebut.

Wanita sangat memperhatikan desain, namun tidak mengesampingkan keamanan dan efisiensi (credit:bmwblog.com)

Khusus wanita

Hal itulah yang dipertimbangkan para produsen mobil untuk memenuhi kebutuhan pembeli wanita. Penelitian yang dilakukan General Motors (GM) memperlihatkan bahwa wanita telah sangat mempengaruhi pasar otomotif; 85% dari seluruh penjualan mobil dipengaruhi oleh selera wanita, di mana 45% mobil dibeli oleh kaum perempuan.

Michael Albano, Global Design Group GM mengungkapkan, ketika mendesain interior mobil, GM memperhatikan dengan saksama detail seperti material, warna, kompartemen, bentuk, dan posisi tombol kontrol.“Ruang penyimpanan merupakan hal penting buat wanita, entah itu ruang untuk belanjaan, tas, mainan anak, atau kursi yang bisa dilipat,” jelas Albano.

Sedangkan untuk eksterior, lanjut Albano, wanita sangat memperhatikan desain, namun tidak mengesampingkan keamanan dan efisiensi. “Jadi kami sangat memperhatikan proporsi dan karakter mobil, termasuk keserasian antara roda dan bodi mobil,” kata Albano.

Faktanya, banyak desainer top GM adalah perempuan. Liz Pilibosian, Chief Engineer untuk Cadilac CTS, mengatakan bahwa “Ketika Anda membuat mobil untuk wanita, Anda akan memuaskan semua orang,” kata Liz.

Produksi mobil untuk wanita sebenarnya umum pada tahun 1950-an. Pontiac Parisienne produksi 1950, misalnya, dibuat dengan warna merah jambu, dengan desain feminin. Begitu juga Chevrolet Impala Marinique dan Cadillac’s Eldorado Seville Baroness. Pabrikan Chrysler juga membuat Dodge La Femme. Selain warna dominan merah jambu, mobil ini juga menyertakan asesoris seperti mantel hujan beserta topinya, payung, bahkan dompet dengan warna senada!

Pontiac Parisienne. (wikimedia.org)

Chevrolet Impala Marinique. (pinterest.com)

Dodge La Femme (allpar.com)

Poster iklan Dodge La Femme (dodgelafemme.com)

Ford juga pernah membuat gebrakan unik. Pada 2000, Ford membuat mobil purwarupa khusus wanita Ford Windstar. Minivan ini dilengkapi dengan mesin cuci beserta pengering, microwave dan penyedot debu.

Ford Windstar (drivingenthusiast.net)

Beda lagi dengan Volvo. Pada 2004, para desainer wanita di Volvo membuat Your Concept Car (YCC), sebuah mobil purwarupa didedikasikan khusus untuk pengemudi wanita. Mobil ini mempunyai fitur yang “sangat wanita”. Mobil tipe coupe empat kursi ini tidak mempunyai hood untuk mengakses dapur pacu. Sistem komputer akan mengirim sinyal radio ke bengkel khusus ketika ada masalah, atau ketika waktunya mengganti oli. Maksudnya, si pengemudi tak perlu repot.

Mobil konsep Volvo YCC (wikimedia.org)

Mobil bikin cantik

Honda sepertinya ingin mengulang kisah mobil cantik untuk pengemudi cantik. Bukan hanya desain yang feminin dan warna dominan pink, Honda Fit She’s yang dirilis pada Mei 2012 lalu mempunyai teknologi yang mampu menjaga kecantikan pemiliknya.

Honda Fit She's (speedflux.com)

Mobil ini menggunakan teknologi Plasmacluster untuk sistem pendinginnya, yang diklaim dapat menjaga kelembapan kulit. Pelapis kaca anti ultraviolet (UV) yang diaplikasikan di mobil ini juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, Honda Fit juga dilengkapi fitur Smartkey, teknologi yang memungkinkan pintu mobil otomatis membuka kunci ketika mendeteksi kunci kontak berada di dekatnya. Lampu LED juga ditambahkan, sehingga tetap dapat beraktivitas walaupun dalam keadaan gelap sekalipun. Tipe ini hanya dijual di Jepang.

Mengenai pelapis kaca anti UV,Toyota juga tak mau kalah. Bekerja sama dengan produsen kaca asal Jepang, Asahi Glass Co. (AGC), Toyota merilis Toyota Vitz (atau di Indonesia dikenal dengan Yaris) edisi khusus akhir tahun lalu, yang diklaim mampu menjaga kecantikan kulit pengemudinya. Kaca khusus yang disebut UV Verre Premium Cool On ini mampu mengeblok 99% sinar UV dan infra merah yang bisa merusak kulit.

Toyota Vitz (favcars.com)

Daihatsu Sirion Femme (cmdhtpku.net76.net)