Intisari-Online.com - Kita boleh beranggapan mobil Volkswagen (VW) jenis Beetle atau biasa kita sebut sebagai VW Kodok, mobil jadul. Pembuatannya antara tahun 1937-2003. Namun ia tetap memiliki penggemar yang meyakini mobil buatan Jerman ini punya sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki mobil lain.
Volkwagen atau secara harfiah artinya mobil rakyat ini, pertama kali dirancang oleh Ferdinand Porsche di tahun 1934 atas perintah Adolf Hitler. Hitler yang menjabat Perdana Menteri menghendaki diciptakan mobil untuk rakyat Jerman (der Deutsche Volkswagen). Syaratnya, bisa ditumpangi dua penumpang dewasa dan tiga anak, kecepatannya 100 km/jam, hemat BBM dengan mesin berpendingin udara, dan sanggup membawa tiga tentara lengkap dengan senapan mesin. Harganya juga harus terjangkau, yakni kurang dari RM 1.000 (Reichsmark, mata uang Jerman pada tahun 1924-1948). Porsche bingung soal harga, karena mobil termurah saat itu, Opel P4, sudah RM 1.500. Apalagi modalnya cuma RM 233.000 untuk membuat prototip selama kurang dari 10 bulan.
Tahun 1937, berhasil tercipta tiga prototipe VW. Diuji dengan menempuh jarak 50.000 km menembus bukit Alps, Black Forrest, dan melesat di jalan bebas hambatan. Pengujian prototipe VW Kafer (artinya kumbang) dari 22 Oktober-22 Desember 1937 ternyata menemui kendala. Poros engkol yang terbuat dari besi tuang jebol, lalu diganti dengan bahan baja tempa (forged alloy) yang lebih lentur dan kuat. Masalah lain, tuas persneling patah, pompa bensin elektrik tak bekerja optimal, lalu diganti dengan pompa bensin mekanis.
VW Kafer dikembangkan oleh German Labor Front (DAF) yang memangkas harga mobil dengan memotong gaji para pekerja yang tergabung dalam DAF. Juga dengan cara penjualan prangko seharga RM 5 hingga terkumpul dana senilai 167 juta RM. Saat Perang Dunia II, diproduksi 50.000 unit mobil VW jenis jeep tipe 82 (kubelwagen), 15.000 unit jenis amfibi (schummwagen), untuk kendaraan tempur pasukan SS (pasukan elite Jerman). Karena Jerman kalah perang, pabrik VW sempat diambil Royal Electrical and Mechanical Engineering (Inggris) yang memproduksi 5.000 Beetle.
Tahun 1948, setelah dikembalikan ke Jerman, VW mulai mendunia dan pabriknya didirikan di beberapa negara seperti Belanda, Kanada, Brazil, dan Amerika Serikat. Tahun 1972, VW telah melampaui rekor pabrik Ford di AS dengan memproduksi 15.007.034 unit Beetle. Ada banyak sebutan untuk si kodok. Negara persemakmuran Inggris menyebutnya Beetle. Selain itu Coccinelle (Prancis), Maggioli (Italia), Fuscas (Brazil), Escarabajos (Meksiko), atau Babe (Balkan). (Intisari)