Utamakan Kepuasan Pelanggan

K. Tatik Wardayati

Editor

Utamakan Kepuasan Pelanggan
Utamakan Kepuasan Pelanggan

Intisari-Online.com – Seorang pelanggan sebuah resto melihat daftar menu makan siang. Dalam daftar itu tertulis salad ayam dan sandwich ayam. Ia memutuskan memilih sandwich salad ayam, tapi karena melamun ia menulis sandwich ayam pada slip pesanan.

Ketika pelayan membawakan sandwich ayam, pelanggan ini marah memprotes. Kebanyakan pelayan akan mengambil slip pesanan dan menunjukkan pada pelanggannya bahwa ini adalah kesalahan si pelanggan. Tapi, pelayan ini tidak.

Sebaliknya, ia mengungkapkan penyesalannya, ia mengambil sandwich ayam itu, kembali ke dapur, dan sesaat kemudian menyajikan sandwich salad ayam di depan pelanggan tersebut.

Sambil makan sandwich-nya, pelanggan tersebut mengambil slip pesanan dan melihat ternyata kesalahan terletak pada dirinya. Ketika tiba saatnya untuk membayar, pelanggan tersebut meminta maaf kepada pelayan dan menawarkan untuk membayar kedua sandwich.

Tanggapan pelayan itu, “Tidak, Pak. Semuanya sempurna. Saya senang Anda sudah memaafkan saya dengan baik.” (*)