Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

K. Tatik Wardayati

Editor

Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Intisari-Online.com – Jika Anda telah berhasil mendapatkan pekerjaan impian Anda, maka harus Anda ketahui bahwa bukan berarti hal yang paling sulit tidak datang. Penting untuk beradaptasi dengan kondisi kerja baru. Biasanya perusahan menawarkan kepada karyawannya sebuah masa percobaan untuk membuat diri mereka dapat beradaptasi dengan tempat dan tugas mereka, barulah diberikan posisi yang sesuai.

Itulah sebabnya Anda harus belajar bagaimana lebih fleksibel dengan kondisi kerja yang beragam. Tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda melakukan hal tersebut.

  • Memahami persyaratan kerja dari awal. Jika ada aspek yang memerlukan perhatian sebelum hal lain, itu menjadi tanggung jawab pekerjaan. Berbicaralah dengan manajer perusahaan atau perekrut tentang prioritas yang membutuhkan perhatian Anda, serta bagaimana kinerja Anda akan dievaluasi. Pada akhirnya, itu normal dilakukan bila ingin maju dalam karir, bercita-cita untuk posisi yang lebih tinggi.
  • Sosialisasi dengan karyawan lain. Bicaralah dengan ramah dan terbuka dalam setiap kali percakapan. Salah satu kesalahan terbesar karyawan baru adalah cenderung fokus pada diri sendiri dan mereka mengabaikan hubungan sosial. Kenali rekan Anda, karena merekalah teman sekerja dalam mengerjakan proyek yang kompleks. Apalagi, kemungkinan besar Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu di sekeliling mereka. Ciptakan percakapan formal dan informal, siapa tahu Anda bisa mendapatkan beberapa teman baru.
  • Menjadi penasaran. Menjadi penasaran adalah hal normal, dan jika Anda penasaran terhadap sesuatu segera tanyakan pada rekan-rekan Anda. Cobalah mencari ‘pemimpin’ di antara rekan-rekan Anda. Ialah yang kemungkinan bisa menjawab pertanyaan Anda. Tampilkan minat dan proses semua informasi yang didapat.
  • Selalu menghargai umpan balik. Umpan balik sangat penting untuk meningkatkan keterampilan profesional Anda, baik itu positif maupun negatif. Hargailah setiap umpan balik dan memintalah setiap kali Anda mendapatkan kesempatan tersebut. Mintalah supervisor Anda untuk memberikan beberapaumpan balik atas kinerja Anda secara keseluruhan dan bagaimana agar Anda bisa bekerja lebih baik.
  • Berusaha lebih keras. Sebagai karyawan baru, buatlah kesan pertam ayangbaik. Buatlah kesan pada rekan-rekan Anda bahwa Anda sebagai pekerja keras, dan mempunyai ‘sumber daya’ yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Belajar lebih banyak hal lagi di luar pekerjaan yang bisa menunjang pekerjaan Anda.
  • Memahami dan menghormati budaya perusahaan. Budaya perusahaan mengacu pada kode berpakaian dan aturan umum tentang saling menghormati. Hal yang paling penting adalah tepat waktu. Sangat dianjurkan untuk sampai ke kantor 5 atau 10 menit lebih awal dari yang seharusnya. Selain itu, hindari berpakaian terlalu santai dan over pada waktu bekerja.
  • Jadilah pengamat yang baik. Tidak ada cara yang lebih baik untuk berbaur dan beradaptasi dengan persyaratan pekerjaan baru daripada dengan hanya mengamati hubungan pribadi dan profesional di sekitar Anda. Temukan nilai-nilai pribadi dan gunakan dalam kepentingan terbaik demi kemajuan di perusahaan baru Anda.
  • Lebih fleksibel. Penting untuk lebih fleksibel dan bersedia membantu. Jika seorang rekan meminta bantuan, berikan padanya dan hindari mengatakan bahwa itu bukan bagian dari pekerjaan Anda. Tetap berpikiran terbuka dan bersedia untuk beradaptasi. Ingatlah bahwa rekan kerja Anda bakalan menjadi teman dalam jangka waktu lama, siapa tahu ini bisa menginspirasi Anda.
Bagaimana, sudah betah di tempat yang baru? (epyk)