Cara Praktis Menyampaikan Empati Untuk Rekan Kerja

Birgitta Ajeng

Editor

Cara Praktis Menyampaikan Empati Untuk Rekan Kerja
Cara Praktis Menyampaikan Empati Untuk Rekan Kerja

Intisari-Online.com - Empati adalah salah satu langkah penting untuk membina hubungan baik dengan rekan kerja di kantor. Empati merupakan simpati yang mendalam dimana seseorang mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain.

Kalau rekan kerja Anda sedang gembira atau mengalami kondisi yang membuatnya frustrasi, Andrew Leigh dalam bukunya yang berjudul Charisma Effect : Agar Siapa pun Terkesima dan Terkesan Kepada Anda mengatakan, ada beberapa cara praktis menyampaikan empati untuk rekan kerja, yaitu:

1. Jangan terlalu cepat memberi penilaian

Tunjukkan kepada orang lain bahwa Anda tidak menilai atau mengkritiknya – pokoknya Anda hanya berusaha memahaminya.

(Baca juga: Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan)

2. Dengarlah dengan seksama, dengan penuh perhatian

Pertahankan kontak mata Anda dengan orang itu, tunjukkan sikap tubuh yang penuh perhatian, mendekatlah padanya; tunjukkan bahwa Anda sepenuhnya ikut larut dalam emosinya melalui ekspresi wajah dan gerak tubuh yang sesuai.

3. Berikan tanggapan

Tunjukkan kepadanya apa yang Anda pikirkan untuk mengetahui sejauh mana akurasi pemahaman Anda akan kondisinya. Ajukan beberapa pertanyaan kepadanya, misalnya, “Dari nada bicaramu sepertinya kamu meragukan kemampuanmu untuk memberikan hasil kerja dengan tepat waktu.”

4. Ungkapkan pengalaman Anda sendiri

Tunjukkan pengertian Anda dengan sedikit menceritakan pengalaman pribadi Anda, namun berhati-hatilah jangan sampai Anda mendominasi suasana dan menjadi pusat perhatian.

(Baca juga: Bertikai dengan Rekan Kerja? Segera Selesaikan!)

5. Berikan kesempatan berbicara kepada orang lain

Jangan memanfaatkan jeda pembicaraan untuk mengungkapkn perasaan dan pikiran Anda sendiri. Empati sering dapat Anda tunjukkan dengan menjadi pendengar yang bijak dan setia.

6. Perhatikan reaksi orang itu

Amatilah isyarat yang dia tunjukkan: apakah dia mengangguk atau berkata”benar, memang begitu,” dan sebagainya untuk memastikan apakah respon yang Anda tunjukkan sudah benar.