3 Tips Mengendalikan Pegawai yang Susah Diatur

Mohamad Takdir

Editor

3 Tips Mengendalikan Pegawai yang Susah Diatur
3 Tips Mengendalikan Pegawai yang Susah Diatur

Intisari-Online.com - Di setiap kantor selalu ada pegawai yang susah diajak kerjasama. Bisa jadi dia antagonis ataupun susah bekerja bersama dengan yang lain. Menurut Kerry Preston, penulis buku Enhancing Your Executive Edge" (McGraw-Hill, 2014), hal seperti ini tidak bisa dibiarkan. Maka inilah tigatips mengendalikan pegawai yang susah diatur:1. Jangan gampang menyalahkanSebaiknya dekati sang pegawai dan minta pengertian bersama. Sang pegawai harus tahu bahwa dia menjadi sumber masalah. Kalau bagus, masalah bisa selesai dengan perubahan diri sang pegawai itu.

(Baca juga: 6 Keuntungan Menjadi Pegawai Kantoran)2. Pahami masalah yang adaTidak ada salahnya memahami masalah apa yang membuat sang pegawai menjadi menyulitkan kerja. Jika penyebabnya diketahui dan bisa ditanggulangi maka masalah bisa cepat selesai.3. Jika dia tukang bullyJika masalah karena pegawai tersebut tukang bully sebaiknya dibawa ke bagian HRD agar segera ditangani."Bullying adalah masalah organisasi bukan masalah individu," ungkap Chris Edmonds, penulis buku The Culture Engine: A Framework for Driving Results, Inspiring Your Employees, and Transforming Your Workplace (John Wiley & Sons, September 2014.

Jika langsung dikonfrontasi pada sang pelaku maka dia bisa tahu bahwa perilakunya merusak tatanan kerja yang ada.(Baca juga:7 Cara Membuat Pegawai Bahagia)Tigatips mengendalikan pegawai yang susah diatur ini harus dijalankan agar pekerjaan tidak terhambat hal-hal yang tidak penting. (Businessnewsdaily)