Intisari-Online.com. - Zaman berubah. Teknologi berkembang pesat. Aktivitas bisnis pun tak mengharuskan Anda untuk datang ke kantor atau berpakaian rapi. Cukup dengan internet saja: bisnis online.Namun, menjaring konsumennya bukanlah mudah. Kebanyakan dari mereka susah percaya pada bisnis yang dilakukan secara online. Tenang saja, masih ada kok tips agar bisnis online Anda dipercaya konsumen. Apa saja? Ini dia:1. Terbuka untuk komunikasiPastikan konsumen tahu apa saja cara untuk menghubungi Anda. Apalagi era kini, satu orang bisa punya belasan akses informasi, lho! Berikan kontak Anda baik via SMS, email, Blackberry Messanger (BBM), Facebook, Twitter, ataupun Whatsapp kepada konsumen bisnis online Anda, sehingga memudahkan mereka. Dengan kemudahan ini, rasa percaya pun dapat terbangun.(Baca juga:Bisnis Kado Online (1): Kadonya Istimewa, Orang-Orangnya Bahagia)2. Tanggapi dengan sabar semua pertanyaan konsumenIni juga penting. Respon konsumen dengan sabar, apapun pertanyaannya. Tentulah yang berhubungan dengan bisnis onlineAnda. Hal itu akan membuat konsumen merasa aman dan terlayani dengan baik. Jikapun sedang sibuk, beritahukan secara baik-baik. Dengan demikian, bisnis onlineAnda dipercaya konsumen.3. Tunjukkan produk Anda dengan detailBisnis lewat jaringan internet membuat konsumen tak leluasa memegang dan melihat produk. Maka, buat tampilan produk yang detail, sehingga memudahkan konsumen untuk memutuskan. Misalnya Anda berjualan baju, jelaskan ukurannya, bahannya apa, berapa harganya, dan lain-lain. Jika ini tidak Anda lakukan, konsumen bisa-bisa akan susah percaya dan tidak jadi membeli produk bisnis onlineAnda.(Baca juga:Omset Ratusan Juta dari Bisnis Online)4. Tunjukkan testimoni positif dari konsumen sebelumnyaIni cara yang banyak dilakukan orang agarbisnisonline-nya dipercayai konsumen. Dengan menampilkan testimoni positif pembeli-pembeli sebelumnya, orang jadi tak ragu membeli produk Anda. Tapi ingat, jangan bikin testimoni palsu, ya. Jujur saja!5. Menerima kesan, kritik, atau saranSetelah barang sampai di konsumen, jangan lupa untuk tanyakan bagaimana kesannya atas barang yang sudah ia terima. Nah, jika yang diberikan adalah kritik/komplain, terima dengan baik, jangan serang balik, meski bisa saja salahnya bukan di Anda. Jadikan komplain-komplain ini sebagai masukan positif agar kinerja Anda lebih baik lagi dalam mengelola si bisnis online.6. Buka lebih dari satu rekeningBarang menarik, penjelasan detail, harganya manusiawi, tapi kok.... cuma bisa transfer di satu bank saja? Ada baiknya Anda membuka lebih dari satu rekening. Tapi agar tak rugi, pastikan dulu bisnis online Anda memang banyak diminati orang. (Berbagai sumber)