Industri Berita Global luncurkan kampanye Choose Truth untuk sambut World News Day 28 September 2024 nanti, ajak masyarakat pilih berita terpercaya
---
Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini
---
Intisari-Online.com -Selasa (23/9) Global News Industry meluncurkan kampanye "Choose Truth" dalam rangka menyambut World News Day pada 28 September 2024 nanti. Kampanye ini melibatkan lebih dari 100 negara, ratusan organisasi berita, asosiasi media, dan individu. Fokus gerakan ini adalah menyoroti pentingnya jurnalisme berbasis fakta.
Kampanye ini bertujuanmenyadarkan masyarakat terkait pentingnya berita yang akurat dan dapat diandalkan. Para peserta kampanye mengajak masyarakat untuk mendukung media-media yang selalu mengedepankan fakta.
Tema "Choose Truth" sendiri digagas oleh Project Kontinuum, sebuah inisiatif yang dipimpin oleh pendiri Daily Maverick, Branko Brkic. Tema ini dipilih untuk menekankan pentingnya peran jurnalisme dalam mencari kebenaran.
David Walmsley, Pemimpin Redaksi The Globe and Mail dan pendiri World News Day, mengatakan, "World News Day menawarkan momen untuk merenungkan peran penting yang dimainkan oleh jurnalis independen dan berani dalam komunitas di seluruh dunia. Pekerjaan mereka memberikan bukti yang mengarah pada kebenaran."
World News Day sendiri diselenggarakan bersama oleh Forum Editor Dunia WAN-IFRA dan Yayasan Jurnalisme Kanada. Kampanye global "Choose Truth" yang diluncurkan menjelang World News Day menyoroti dedikasi para jurnalis untuk menyampaikan berita yang akurat. Namun, mereka juga mengakui bahwa masyarakat saat ini dihadapkan pada tantangan besar: membedakan berita yang benar dari hoaks dan informasi yang salah.
Dalam sebuah artikel khusus untuk World News Day, Branko Brkic dan penerima Nobel Maria Ressa menulis: "Kebisingan dan kekerasan akhirnya akan mereda, dan wacana yang didasarkan pada kebenaran dan kesopanan akan kembali. Untuk saat ini, kami berjuang – setiap saat setiap jam, setiap hari... Kami akan membela Kebenaran."
Senada dengan hal tersebut, Presiden WAN-IFRA Ladina Heimgartner menegaskan, "Kampanye 'Choose Truth' adalah bentuk komitmen kita untuk menjaga jurnalisme yang berdasarkan fakta. Di era informasi yang serba cepat seperti sekarang, peran jurnalis semakin penting. Mereka harus memastikan bahwa masyarakat mendapatkan berita yang akurat dan dapat diandalkan."
Informasi tambahan:
World News Daymerupakan inisiatif global untuk menarik perhatian publik terhadap peran jurnalis dalam menyediakan berita dan informasi tepercaya yang melayani warga negara dan demokrasi; diperingati setiap tahun pada tanggal 28 September.
World News Day dipersembahkan oleh Forum Editor Dunia, Yayasan Jurnalisme Kanada (CJF), dan Project Kontinuum milik Daily Maverick.
WAN-IFRA (Asosiasi Penerbit Berita Dunia) merupakan organisasi pers dunia global, terdiri atas 3.000 kantor berita dan perusahaan teknologi serta 60 asosiasi penerbit nasional yang mewakili 18 ribu publikasi di 120 negara. Dengan misi untuk melindungi hak jurnalis dan penerbit di seluruh dunia untuk mengoperasikan media independen, WAN-IFRA menyediakan keahlian dan layanan kepada para anggotanya untuk berinovasi dan berkembang di dunia digital serta menjalankan peran penting mereka dalam masyarakat.
Forum Editor Dunia merupakan jaringannya bagi para editor.
THE CANADIAN JOURNALISM FOUNDATION(CJF) didirikan pada tahun 1990, mempromosikan, merayakan, dan memfasilitasi keunggulan dalam jurnalisme. Yayasan ini menyelenggarakan program penghargaan dan beasiswa tahunan bergengsi yang menampilkan gala industri tempat para pemimpin berita, jurnalis, dan perusahaan Kanada berkumpul untuk merayakan pencapaian jurnalisme yang luar biasa dan nilai jurnalisme profesional.
Melalui J-Talks bulanan, rangkaian pembicara publik, CJF memfasilitasi dialog antara jurnalis, pebisnis, akademisi, dan mahasiswa tentang peran media dalam masyarakat Kanada dan tantangan yang sedang dihadapinya di era digital. Yayasan ini juga mendorong peluang untuk pendidikan, pelatihan, dan penelitian jurnalisme.
PROJECT KONTINUUM merupakan inisiatif yang diinkubasi oleh Daily Maverick yang dipimpin oleh Branko Brkic, untuk menegaskan kembali peran positif media berita dalam komunitas global. Choose Truth adalah cetak birunya untuk kolaborasi di masa mendatang.