Bagaimana Upaya Guru Mempelajari Dan Menguasai Kompetensi Yang Dibutuhkan Untuk Peningkatan Kinerja Berdasarkan Rating Observasi Praktik Kinerja Dan Hasil Refleksi?

Moh. Habib Asyhad
Moh. Habib Asyhad

Editor

bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi?
bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi?

Intisari-Online.com -Guru di era sekarang dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Termasuk dalam menganalisis hasil kinerja.

Lalu bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi?

DiPlatform Merdeka Mengajar (PMM) ada satu dokumen refleksi diri yang harus diselesaikan oleh guru untuk menilai hasil praktik kinerja yang dimiliki.

Dokumen itu salah satu berupa pertanyaan:bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi?

Ada beberapa metode:

1. Menganalisis Hasil Observasi dan Refleksi

Guru perlu secara cermat menganalisis hasil observasi yang diberikan oleh kepala sekolah.

Dari sini, mereka dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan kompetensi yang harus dikuasai lebih baik.

Refleksi atas hasil observasi juga membantu guru memahami kekuatan dan kelemahan mereka.

2. Melakukan Tindak Lanjut yang Disepakati

Setelah menganalisis hasil observasi, guru perlu melakukan tindak lanjut berdasarkan rekomendasi yang telah disepakati.

Ini bisa berupa mengikuti pelatihan, membaca literatur, atau mengambil langkah konkret untuk meningkatkan kompetensi yang relevan.

3. Mempraktikkan Inspirasi dari Upaya Tindak Lanjut

Guru dapat mempraktikkan inspirasi dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan oleh rekan sejawat atau pendidik lainnya.

Melihat bagaimana orang lain berhasil mengatasi tantangan dan mengembangkan kompetensi dapat memberikan wawasan berharga.

4. Membagikan Praktik Baik

Guru yang telah berhasil meningkatkan kompetensinya dapat membagikan praktik baik kepada rekan sejawat.

Ini menciptakan lingkungan kolaboratif di antara para pendidik dan memperkaya pengetahuan dan keterampilan bersama.

Demikian sajian informasi mengenai contoh jawaban soal Modul Merdeka Mengajar yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Apa itu PPM?

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka.

Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dalam fitur Mengajar, ada fitur Perangkat Ajar yang dapat digunakan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan dalam mengembangkan diri, saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka.

Fitur asesmen murid yang dikembangkan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan melakukan analisis diagnostik terkait kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun guru berada.

Fitur Belajar pada Platform Merdeka Mengajar memberikan fasilitas Pelatihan Mandiri yang memberikan kesempatan kepada gurud an tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri.

Fitur lain dari Belajar adalah Video Inspirasi, fitur ini memberikan kesempatan kepada Guru dan tenaga kependidikan bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas yang pada akhirnya adalah mengembangakn kualitas dari komptensinya dalam impelementasi kurikulum merdeka.

Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik.

Fitur lainnya adalah Berkarya, di mana fitur ini adalah memberikan “Bukti Karya Saya” yang merupakan best praktis dari hasil impelemnatsi pembelajaran terutama terkait best praktis pembelajaran pada kurikulum merdeka, Guru dan tenaga kependidikan dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi sehingga guru dapat maju Bersama.

PMM yang dikembangkan diharapkan mampu menjadi partner guru dalam implementasi kurikulum merdeka dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi.

Konten konten yang dikembangkan oleh kemendikbudristek memberikan pemahaman lebih saat implementasi dan pembelajaran di satuan Pendidikan yang telah ikut serta dalam implementasi kurikulum merdeka.

Itulah pembahasan soalbagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi? Semoga bermanfaat.

Dapatkan artikel terupdate dari Intisari-Online.com di Google News

Artikel Terkait