Intisari-Online.com – Anda sedang berada di tempat terpencil dan sedang mengalami keluhan kesehatan, lantas ingin segera berkosultasi dengan dokter? Dan Anda punya gadget? Mengapa tidak mencoba aplikasi ini?
Aplikasi Hello Doctor yang berasal dari Afrika Selatan ini, kini bekerja sama dengan Telkomsel dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan penawaran solusi berbasis teknologi yang dirancang untuk mendapatkan saran dari dokter, kapanpun, dimanapun, dengan mudah, murah, dan terpercaya, untuk masyarakat Indonesia.
“Saat ini telah terjadi pergeseran penyakit yang diderita oleh masyarakat. Dari penyakit menular menjadi lebih banyak penyakit tidak menular. Dan 59 persen kematian lebih banyak disebabkan oleh penyakit tidak menular. Semua itu sebenarnya dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup, seperti tidak merokok, pola makan sehat, dan berolahraga,” jelas Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, SpA., MPH, dalam kesempatan peluncuuran aplikasi Hello Doctor di Jakarta(29/4).
“Setiap orang membutuhkan konsultasi dengan dokter, hanya saja tidak punya akses. Jadi, melalui aplikasi ini setiap orang bisa berkomunikasi dengan dokter secara murah, mudah, dan langsung. Diibaratkan ‘dokter siaga’ di saku kita. Dan jangan khawatir, kerahasiaan terjaga penuh,” jelas dr. Michael Mol, Direktur Global Hello Doctor.
Ketua IDI dr. Zaenal Abidin, MH., berharap, aplikasi ini bisa menjadi media komunikasi antara dokter dengan masyarakat, bahkan di tempat yang terpencil. “Semoga dengan adanya aplikasi ini bisa menyampaikan pesan-pesan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.
Bentuk dukungan dari IDI adalah dengan memberikan pelatihan pada dokter-dokter baru sehingga mampu memberikan bimbingan dan saran medis. Sekitar 200 dokter yang terdaftar resmi di IDI tergabung dalam memberikan layanan berbasis teknologi ini.
Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di www.hellodoctor.co.id dan berfungsi pada smartphone dan feature phone tertentu, dengan memberikan layanan dokter selama 24 jam dalam seminggu. Aplikasi ini menyediakan konten gratis yang diperbaharui setiap hari. Biaya untuk berlangganan sekitar Rp2.200 per hari. Akses layanan kesehatan kepada pelanggan ini berupa saran kesehatan, menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan dalam forum chatting. Pesan secara langsung dan rahasia, bahkan tersedia layanan di mana dokter akan menelepon ke pelanggan dalam waktu 60 menit.
Hello Doctor juga akan meluncurkan acara TV, yang diproduksi bersama antara Hello Doctor dengan Kompas Gramedia, yang akan ditayangkan oleh KompasTV.
“Tapi perlu diingat, bila butuh pengobatan, masyarakat tetap harus bertatap muka dengan dokter. Karena itu diharapkan harus ada dokter yang dapat hadir setiap saat melayani masyarakat, hingga di daerah terpencil. Jangan lupa juga untuk ikut program Jaminan Kesehatan Nasional, agar ketika sakit bisa dirawat,” tutup Nafsiah Mboi. (ktw)