Intisari-Online.com - Selain lokasi yang strategis, di depan alun-alun kota Purwokerto, Jateng, daya tarik lain dari Rita bakery adalah menu-menu yang unik. Memadukan roti dengan mendoan dan getuk.
Sejak tahun 1992, paduan arena FBM (food, bakery and music) ini dibuka dengan nama Holland bakery. Karena nama tersebut banyak didapati di kota lain, maka pada tahun 2006 mereka mengubah interior ruang dan mengganti nama.
Divisi ayam goreng diganti nama menjadi Buntos Chicken, diambil dari nama sang pemilik, Buntoro. Sementara toko roti diberi nama Rita Bakery, sesuai nama perusahaan yang menaungi ketiga divisi ini, yaitu PT. Rita Ritelindo.
Kombinasi tersebut rupanya menarik banyak pengunjung. Usai makan di Buntos chicken, pengunjung bisa membeli roti untuk oleh-oleh.
“Kalau mau merayakan pesta ulang tahun di sini kami menawarkan kue tart dan snack. Kalau mau karaoke sambil makan roti atau ayam goreng, makanannya juga bisa dibawa masuk ke music room,” kata Iman Santoso manajer Rita bakery.
Info resto
Rita bakery dan Bunctos Chicken
Alamat : Jl. Jend Sudirman 296, Purwokerto, Jawa Tengah
Buka setiap hari, pukul 07.00 – 22.00
Aneka menu favorit
Roti mendoan Rp. 2.250
Roti getuk Rp. 2.500
Roti mexico tiger Rp. 3.500
Roti kacang hijau Rp. 2.000
Roti isi pisang Rp. 2.750
Roti manis tape Rp. 2.000
Danish smoked beef Rp. 5.500
Danish cake blueberry Rp. 3.500
Brownies banana kecil Rp. 3.000
Brownies banana besar Rp. 15.000
Kunci suksesnya CHAMPS & LAST
Kedua hal itu menjadi kunci sukses bisnis ini. CHAMPS merupakan singkatan dari Clean (kebersihan), Hospitality (keramahtamahan), Accurate (akurasi), Maintenance (perawatan), Product quality (kualitas produk), dan Speed service (kecepatan pelayanan).
“CHAMPS itu dari kata Champion. Jadi kami didik para karyawan supaya setiap orang terdorong untuk menjadi juara.
Ada penghargaan untuk karyawan berprestasi, antara lain dengan pemilihan Star of the Month, biasanya ada hadiah berupa piagam, voucher diskon, atau insentif lain,” papar Iman.
Untuk penanganan keluhan pelanggan, mereka punya moto yang disingkat menjadi LAST, yaitu Listen (dengarkan), Apologize (minta maaf), Satisfy (beri kenyamanan, sehingga bisa tercapai kesepakatan terbaik), dan Thankyou (terima kasih).
Jadi, jika ada keluhan pelanggan, tiap karyawan harus bisa menghadapi dengan keempat langkah tersebut. (Teguh Jiwabrata / idebisnis.biz)