Tips Merancang Rumah Kantor Tetap Sehat

K. Tatik Wardayati

Editor

Tips Merancang Rumah Kantor Tetap Sehat
Tips Merancang Rumah Kantor Tetap Sehat

Intisari-Online.com – Berkat internet, saat ini banyak orang yang lebih suka bekerja dari rumah. Tentu saja jelas lebih ekonomis dan lingkungan yang sangat nyaman. Jika kita mencoba untuk menciptakan lingkungan perkantoran di dalam rumah, apa saja yang perlu dipertimbangkan? Kita simak yuk, agar rumah kantor (rukan) kita tetap sehat dan nyaman.

  • Kursi yang baik. Mengingat kita pasti akan menghabiskan waktu berjam-jam di kursi kantor, kursi yang berdesain ergonomis harus menjadi prioritas. Kursi yang baik bisa saja mahal, tetapi tidak akan terbukti sia-sia dalam jangka panjang dengan membuat kita menjadi lebih produktif serta menjaga punggung sebagaimana mestinya.
  • Pencahayaan sehat. Pastikan memiliki dua jenis sumber cahaya, yaitu cahaya alami dan cahaya buatan. Bentuk dua cahaya tersebut harus ada secara bersamaan. Pencahayaan yang sempurna tidak akan membuat tekanan pada mata kita, sehingga membantu bekerja lebih lama.
  • Sirkulasi udara. Ruangan yang panas dan pengap akan membuat kita merasa lelah dan cepat bosan. Pada akhirnya akan mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Karena itu, berikan ventilasi yang cukup dan sirkulasi udara sebanyak yang kita mampu. Membuat jendela yang memadai atau bisa juga dengan memasang AC.
  • Hiasi dinding. Menatap layar komputer terus-menerus membuat mata kita lelah dan lemah penglihatan. Para ahli berpendapat, ketika bekerja, kita harus sering beralih dari menatap layar komputer lalu melihat sesuatu yang hijau, agar mata kita rileks. Untuk mendapatkan hal ini, hiaslah dinding rukan dengan dominasi warna hijau, atau sesuatu yang menginspirasi dan memotivasi kita untuk berhasil. Seni dan dekorasi dinding adalah cara yang bagus untuk memperindah tampilan rumah kantor. Bisa juga menempatkan sebuah lukisan yang bagus atau beberapa gambar yang terang dan bahagia untuk menjaga motivasi kita tetap tinggi.
  • Tempatkan beberapa tanaman. Agar di sekitar rukan tetap hijau, tempatkan saja beberapa tanaman yang akan membuat terasa lebih alami. Tanaman membantu sirkulasi oksigen di lingkungan kantor, sehingga menghilangkan sesak napas di ruangan kecil. Ada beberapa jenis tanaman yang tahan di ruangan.
  • Pintu peredam suara. Kita perlu mencegah gangguan suara sementara sedang bekerja. Jika ruangan dan biaya memungkinkan, bangunlah dinding partisi dan pintu yang bisa meredam kebisingan yang diciptakan oleh anggota keluarga lain saat kita bekerja. Kita tentunya tidak ingin mendengar suara TV atau anak-anak berteriak saat bekerja. Buatkan saja suara-suara yang bisa menciptakan konsentrasi pada pekerjaan. Ini tentunya akan membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.
  • Bersihkan dan rapikan. Meski ruangan tidak besar, tetap harus bersih dan terorganisir agar penggunaan ruang efisien. Gunakan rak tempel pada dinding untuk menaruh kertas dan peralatan kantor. Bersihkan desktop dari apa pun yang sudah tidak digunakan atau dibutuhkan lagi. Cobalah secara disiplin untuk mengatur dan menjaga agar tetap tertib.
  • Penempatan komputer. Tempatkan monitor sehingga tegak lurus terhadap semua sumber cahaya. Ini akan menyebar dan melembutkan cahaya juga meminimalkan silau pada layar. Bersihkan layar komputer sesering mungkin untuk menghilangkan debu. Sembunyikan kabel agar tidak berantakan di lantai, supaya kita pun terhindar dari kekacauan dan kebingungan.
Semakin percaya diri dan santai dalam bekerja, maka kesuksesan akan semakin cepat datang. Dengan menerapkan tips sederhana, kita bisa mengatur sebuah rukan yang bagus dan nyaman yang akan meningkatkan produktivitas dan juga menjaga kita tetap sehat.