Intisari-Online.com - Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology, semua hal negatif dan gosip di tempat kerja dapat membunuh produktivitas karyawan dan mempertinggi kelelahan mental. Semua karyawan mungkin akan lebih bahagia dan lebih produktif, jika tidak ada komentar negatif di tempat kerja, karena komentar negatif dapat menurunkan produktivitas di tempat kerja.
Dalam survei yang melibatkan kelompok karyawan penuh waktu, profesor Russel Johnson dari Michigan State University, menemukan bahwa melemparkan komentar negatif di tempat kerja dapat menyebabkan defensif, kelelahan mental, dan menurunnya produktivitas.
Di sisi lain, karyawan yang menerima kritik dengan solusi yang membangun, merasa lebih bahagia dan lebih nyaman di tempat kerja. Ditambah lagi, jika kamu memberikan sikap positif di tempat kerja akan membantu kamu bergaul lebih baik dengan rekan kerja.
Menurut Johnson, karyawan yang secara teratur menunjukkan kesalahan sering mengacu pada kekurangan yang dirasakan rekan kerja, menyebabkan ketegangan hubungan di kantor. Johnson mengingatkan, untuk harus selalu berpikir dua kali sebelum mengeluarkan kritik negatif di tempat kerja, namun tidak menghentikan memberi saran.
“Pesan moral dalam penelitian ini bahwa kita ingin orang-orang untuk berhenti meningkatkan kekhawatiran dalam perusahaan, karena itu dapat sangat bermanfaat. Tapi, terus berfokus pada hal negatif dapat memiliki efek yang merugikan pada individu,” kata Johnson.
Selain itu, agar suasana kerja positif dan produktif, karyawan tidak mengeluh dan membandingkan pekerjaan dengan rekan kerja yang lain. Berfokus pada cara-cara positif dan tidak memberikan hal negatif, agar dapat meningkatkan kualitas kerja dan memberi keuntungan bagi perusahaan. (Shape.com)