Intisari-Online.com - Pindah kerja memang menjadi keputusan yang cukup membingungkan. Kita harus yakin tentang keputusan tersebut, apakah tempat kerja baru memberikan keuntungan dan pertumbuhan karier yang lebih baik dari tempat sebelumnya. Nah, sebelum pindah kerja, perhatikan 6 hal berikut ini:
1. Menjaga kontak yang lama
Setiap akan pindah kerja, kita harus selalu menyimpan dan menjaga kontak lama, baik klien, kolega, supervisor, dan lainnya. Hal ini penting karena tidak membuat kita kehilangan koneksi dan dapat berguna sewaktu-waktu.
2. Memastikan tentang pekerjaan baru
Lakukan penelitian kecil atau mencari tahu segala hal tentang tempat kerja yang baru. Hal ini agar kita tidak menyesal nantinya.
3. Memberikan alasan yang tulus atau asli untuk berhenti
Jangan berbohong. Kita harus memberikan alasan yang konkret dan meyakinkan ketika akan berhenti kerja. Ini juga akan menjaga nama baik kita dan memengaruhi penilaian serta surat rekomendasi.
4. Mengevaluasi keuntungan untuk masa depan
Kita harus mengetahui dan mengevaluasi tentang keuntungan atau manfaat bagi kita di masa depan. Segala jenis keuntungan harus kita lihat dalam pekerjaan yang baru, apakah layak atau tidak.
5. Memenuhi komitmen
Sebelum meninggalkan pekerjaan lama, jangan membatalkan atau tidak menyelesaikan pekerjaan yang sudah ditentukan. Jika tidak, kita akan meninggalkan kesan yang buruk tentang diri sendiri dan memengaruhi citra kita.
6. Mematuhi masa pemberitahuan
Beritahu tentang pemindahan kerja yang akan dilakukan sebelum hari H. Ini akan menunjukkan bahwa kita adalah professional dan memiliki etos kerja yang tinggi. Perusahaan lama juga bisa mencari pengganti tidak secara mendadak, sehingga tidak menghambat kelancaran fungsi organisasi mereka.
Jadi, sebelum pindah kerja, perhatikan 6 hal tadi, ya!(magforwomen.com)