4 Langkah Menjadi Inovator Sukses

Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi

Editor

4 Langkah Menjadi Inovator Sukses
4 Langkah Menjadi Inovator Sukses

Intisari-Online.com - Seperti dilansir Forbes, inovator sukses mengikuti proses yang disebut Metode Inovator. Berikut 4 langkah menjadi inovator sukses.(Baca juga:4 Ciri Perusahaan Inovatif)1. Wawasan yang luasWawasan yang mendalam diperlukan oleh seorang inovator. Melalui berbagai pertanyaan, jaringan, dan eksperimen dia dapat menemukan ide-ide baru. Tujuannya untuk menambah wawasan tentang masalah yang layak dipecahkan.2. Temukan masalahDaripada memulai dengan solusi, mulailah dengan mengeksplorasi kebutuhan pelanggan. Temukan masalah fungsional, sosial, emosional maupun ekonomi yang dihadapi pelanggan terkait produk perusahaan. Bisa dilakukan dengan riset atau survei. Yang paling penting temukanlah masalah yang dapat diselesaikan.3. SolusiLangkah menjadi inovator sukses selanjutnya adalah menemukan solusi. Alih-alih mengembangkan produk dalam skala penuh, manfaatkanlah beberapa bentuk dasar untuk menemukan solusi. Buatlah bentuk dasar minimal yang mengagumkan untuk sebuah produk. Lakukanlah secara berulang-ulang sampai Anda menemukan konsep yang benar-benar tepat.4. Model BisnisKetika Anda siap dengan solusi, maka bersiaplah untuk memvalidasi solusi tersebut dalam model bisnis. Strategi harga, akuisisi pelanggan, dan sturktur biaya pelu direncanakan dan dijalanlan.(Baca juga:Tim Cook: Nokia Mati karena Tanpa Inovasi)Inovator menggunakan metode ini sebagai langkah menjadi inovator sukses. Sebagai contoh kasus Godrej dan Boyce, perusahaan barang konsumen di India yang berusia lebih dari satu abad. Pangsa pasar Godrej mulai terkikis dengan cepat oleh produk luar seperti LG dan Samsung untuk produk pendingin. Pemimpin perusahaan akhirnya mencari cara untuk menanggapi hal ini. Akhirnya mereka menemukan masalah yaitu 80% rumah tangga di India tidak memiliki pendingin.Ada ide untuk membuat kulkas versi kecil dengan harga lebih murah tapi dengan kampanye yang mewah. Untungnya sebelum membuah mini-kulkas, mereka menerapkan metode inovator. Mereka mengamati kenapa banyak orang India tidak memiliki pendingin. Solusi awal ternyata tidak sesuai. Produk mini-kulkas tidak akan memukul harga bagi warga India dengan anggaran terbatas. Biaya listrik, transportasi untuk distribusi, dan pembiayaan lainnya juga terbatas sehingga sulit untuk membeli kulkas.Namun, dengan serangkaian percobaan untuk bentuk dasar akhirnya dibuat kulkas seharga $ 50 dengan tutup yang dapat dilepas untuk memudahkan servis. Kulkas ini juga menggunakan baterai. Mereka bereksperimen dengan model bisnis baru yang radikal, membuat "ChotuKool" yang dijual melalui India Post Office. Mereka membuat harganya terjangkau dengan memanfaatkan skema pembiayaan mikro baru. Produk ini meningkatkan IP perusahaan 40-60% dan masuk dalam peringkat delapan dalam daftar perusahaan paling inovatif tahun ini.