Bak Karma Jebak Negara Kecil dengan Utang Menggunung, China Rupanya Punya Banyak 'Utang Tersembunyi' Karena Ambisinya Danai Proyek yang Justru Tidak Menguntungkan Ini

Tatik Ariyani

Editor

Ilustrasi. Jebakan utang China.
Ilustrasi. Jebakan utang China.

Intisari-Online.com - Isu mengenai jebakanutang China pada negara berkembang telah mencuat beberapa tahun ini.

China melalui Belt and Road Initiative (BRI) mengajak negara-negara berkembang untuk bekerjasama di mana China akan berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur negara tersebut.

Tak jarang, hal itu dianggap sebagai 'jebakan utang' China terhadap negara-negara yang tak mampu membayar utangnya.

Pasalnya, jika tak mampu membayar, negara tersebut harus menyerahkan asettertentu milik negara itu pada pihak China untuk waktu yang lama.

Meski jebakan utang China tersebut telah menjadi momok yang mengerikan bagi banyak negara, China sendiri pun ternyata memiliki utang tersembunyi karena ambisinya terhadapkereta api berkecepatan tinggi jarak jauh (HSR).

China berambisi untukmemperluas jaringan kereta api berkecepatan tinggi untuk menjadi yang paling luas di dunia.

Melansir The EurAsian Times, Kamis (7/7/2022), pada tahun 2021, jaringan kereta api berkecepatan tinggi China telah mencakup 40.000 kilometer, menghubungkan 93% kota-kota di negara itu.

Negara ini berusaha untuk meningkatkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi menjadi 50.000 kilometer pada tahun 2025.

Namun, tampaknya kampanye agresif untuk memperoleh keuntungan ekonomi dari HSR juga telah meningkatkan total kewajiban operator yang dikelola negara, yang pada akhir tahun 2021 mencapai 5,91 triliun yuan ($882 miliar), atau sekitar 5% dari PDB China, lapor Asia Nikkei.

Jumlah tersebut diproyeksikan meningkat, sehingga kekhawatiran tentang "utang tersembunyi" China menjadi pusat perhatian atas situasi pertumbuhan negara itu.

Pada tanggal 20 Juni, China Railway memulai layanan di segmen Kereta Api Berkecepatan Tinggi Beijing-Guangzhou dengan kereta ekspres canggih.

Kereta ini mengungguli kereta shinkansen tercepat di Jepang, Hayabusa dan Komachi, dengan kecepatan operasi 350 kpj, 40 kpj lebih cepat dari pendahulunya.

Setelah mencapai jaringan 50.000 Kilometer pada tahun 2025, jaringan ini bertujuan untuk mencapai 70.000 kilometer pada tahun 2035, meningkat sekitar 70% dari tahun 2021.

Ekspansi yang cepat didorong oleh pemerintah daerah yang bersaing untuk menarik proyek-proyek baru untuk menciptakan lapangan kerja dan memelihara bisnis terkait.

Bahkan, tujuan memperluas jaringan HSR lebih diutamakan daripada kekhawatiran tentang utang dan profitabilitas.

China Rail Corporation (CRC) milik negara menghadapi efek perangkap utang yang disebabkan oleh pinjaman besar-besaran oleh pemerintah provinsi dalam beberapa tahun terakhir untuk memonetisasi jalur HSR mereka.

Zhao Jian, seorang profesor di Beijing Jiaotong University, dikutip oleh Asia Nikkei mengatakan, “Penekanan pemerintah adalah pertumbuhan ekonomi, dan tidak peduli dengan pembayaran utang, tetapi setiap km kereta api menelan biaya 120 juta yuan hingga 130 juta yuan untuk membangun."

Dengan demikian, perluasan 30.000 kilometer akan menelan biaya sekitar 3,6 triliun yuan.

China Railway menjual obligasi ke bank dan pialang milik negara untuk membayar biayanya.

Pemerintah China mengumumkan berbagai langkah stimulus ekonomi pada 31 Mei untuk membantu ekonomi negara yang terkena dampak virus corona.

Ini termasuk membiarkan China Railway menerbitkan obligasi tambahan senilai 300 miliar yuan untuk konstruksi kereta api.

Intinya, "utang tersembunyi" ini memungkinkan pemerintah untuk meminjam uang tanpa meningkatkan jumlah total utang nasional resmi.

Total kewajiban untuk China Railway meningkat 4% pada tahun 2021 menjadi 5,91 triliun yuan.

Dhaval Desai, Rekan Senior dan Wakil Presiden di ORF Mumbai, mencatat bahwa – biaya pengembangan HSR hampir tiga kali lipat dari jalur kereta api tradisional.

Mengingat kurangnya tarif angkutan, kelangsungan operasionalnya sangat bergantung pada tarif penumpang untuk menutupi belanja modal dan biaya operasional.

Ambisi untuk HSR telah membuat China mengabaikan pembangunan sistem konvensional, mempengaruhi keseimbangan logistik campuran negara itu.

Sementara itu,Country's Railway mencatat kerugian bersih 49,8 miliar yuan pada tahun 2021.

Mengingat kerugian besar ini, Railway akan kesulitan membayar kembali utang tersebut.

“Jumlah penumpangnya turun 29% dari tingkat pra-pandemi di 2,53 miliar tahun lalu dan tetap lamban pada Januari-Maret di tengah gelombang infeksi COVID-19,” tambah Nikkei.

Pada 22 April, China Railway membuka jalur kereta api berkecepatan tinggi Huanggang-Huangmei yang baru.

Seorang penduduk di dekat salah satu stasiunnya mengatakan kepada Nikkei bahwa “hanya beberapa lusin penduduk setempat yang mengendarainya setiap hari,” menambahkan bahwa tautan tersebut gagal menarik hotel baru dan bisnis lain ke wilayah yang didominasi pertanian.

Pada Maret 2021, Dewan Negara China, organ tertinggi kekuasaan negara, mengeluarkan peringatan, mendesak investor untuk mengurangi pengeluaran HSR mereka untuk menghindari jatuh lebih jauh ke dalam perangkap utang.

Peraturan baru telah menghentikan pengembangan koridor HSR baru, terutama pada rute yang kurang digunakan yang beroperasi kurang dari 80% dari kapasitas legal.

Peraturan yang dikeluarkan menunjukkan bahwa pencarian China untuk kereta api berkecepatan tinggi telah menimbulkan biaya yang besar bagi bangsa.

Baca Juga: China Suntikkan Lagi Dana Fantastis ke Indonesia, Rp 44 T Masuk dalam Dana Kekayaan Negara Indonesia Lewat Skema yang Menjerat Sri Lanka dalam Jebakan Utang China

Baca Juga: Blok Perang Dingin Baru Makin Terbentuk, Barat dengan G7 Siapkan Kucuran Uang Balas Jebakan Utang China, China Tak Kalah Siapkan Kelompok Ekonomi Gaet Negara-negara Berkembang Ini

Artikel Terkait