Intisari - Online.com -Sri Lanka, yang sudah kehabisan uang dolar untuk membeli bahan bakar dan sedang mencetak mata uang rupee untuk membayar gaji lokal, berupaya menghentikan suntikan mata uang lokal untuk menekan inflasi tercepat Asia.
Mengutip Bloomberg, tingkat inflasi saat ini diperkirakan mencapai 60%, seperti disampaikan oleh Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe kepada parlemen Selasa kemarin sebelum review kebijakan moneter Kamis besok.
Berbicara mengenai dana talangan dari International Monetary Fund (IMF) terbilang rumit karena bangsa itu sedang bangkrut, tambahnya.
Wickremesinghe kini melihat Sri Lanka mencapai kesepakatan tingkat staf dengan IMF pada Agustus besok, ditunda dari tenggat Juni yang sebelumnya diajukan.
Harga konsumen naik 54,6% pada Juni dari tahun sebelumnya, dengan transportasi melonjak 128% dari bulan sebelumnya dan makanan 80% di tengah kekurangan akut tanaman pangan dan minyak mentah.
Bank Sentral Sri Lanka berada di jalur untuk mencetak lebih banyak rupee dalam ekonomi yang menyusut tahun ini daripada ketika output tumbuh pada 2021, yang juga mengipasi biaya.
Warga Sri Lanka melarikan diri
Krisis Sri Lanka masih terus saja memburuk, dan kehidupan sehari-hari warga yang hidup di pulau kecil itu telah sangat sulit.
Karena meningkatnya harga bahan-bahan pokok, seperti bahan bakar dan kekurangan obat, banyak warga Sri Lanka putus asa dan ingin melarikan diri dari negara tersebut.
Selasa kemarin, PM Wickremesinghe menyebut total utang Sri Lanka sekarang lebih dari USD 50 miliar, dan Sri Lanka adalah sebuah "negara bangkrut."
Dengan tidak ada tanda krisis berkurang, dan tidak ada dana talangan dari IMF, banyak warga Sri Lanka pergi secara ilegal dengan perahu ke negara-negara terdekat seperti India dan Australia dalam upaya putus asa melarikan diri dari bencana ini.
Pada 27 Juni lalu, pengungsi lansia Sri Lanka ditemukan tidak sadar di pantai India menderita dehidrasi parah.
Pasangan lansia itu telah mencoba menyeberang dari Sri Lanka ke India dengan perahu.
Yang wanita meninggal di RS pada 2 Juli setelah upaya menyelamatkan nyawanya gagal.
Saat ini, lebih dari 90 pengungsi telah mendarat di pantai-pantai India, di mana mereka ditempatkan di kamp pengungsi.
Bahan bakar jadi kemewahan
Sri Lanka kehabisan bahan bakar dan saat ini memiliki persediaan yang sangat terbatas.
Pada tanggal 28 Juni, pemerintah mengumumkan pembatasan distribusi bahan bakar , dan mengatakan bahwa selama hampir dua minggu, bahan bakar akan diberikan hanya untuk kendaraan yang digunakan untuk layanan penting seperti transportasi umum dan layanan darurat.
Banyak sekolah juga ditutup dan transportasi umum dibatasi.
''Ini situasi seperti penguncian,'' kata Amaan Rifai, 25 tahun, seorang pemilik bisnis di Dehiwala.
Di banyak bagian negara, SPBU telah membuat antrian terpisah untuk layanan penting.
Jika stok tersedia, maka pelanggan lain mungkin juga mendapatkan bahan bakar.
''Kalau beruntung, bisa dapat bahan bakar, atau harus pulang dengan tangan hampa. Namun meskipun demikian, orang-orang masih pergi setiap hari untuk berdiri dalam antrian bahan bakar selama berjam-jam. Kakak saya berdiri dalam antrian hampir empat jam, tapi dia tidak bisa mendapatkan bahan bakar,'' kata Ruvini Gunawardana, pemilik homestay berusia 30 tahun dari Dambulla.
Tetapi mengantre terus menerus selama dua sampai tiga hari tidak menjamin akses ke bahan bakar.
Pihak berwenang telah menyiapkan sistem token, tetapi itu berarti orang harus berdiri dalam antrian panjang untuk mendapatkan token untuk mendapatkan tempat dalam antrian bahan bakar.
Bahkan token ini tidak menjamin akses ke bahan bakar.
''Butuh waktu hampir tiga hari untuk mengisi tangki mobil saya dengan bahan bakar. Saya harus mengantre untuk mendapatkan token dan kemudian mengantre lagi di antrian bahan bakar. Kami menggunakan cuti tahunan kami hanya untuk mengantre,'' kata Nirosh Vijay, presenter radio berusia 33 tahun dari Kolombo.
Di beberapa tempat, harga bahan bakar mencapai 1.500 rupee Sri Lanka (€4,05, $4,18) per liter untuk roda dua, 2.000 rupee per liter untuk becak roda tiga, dan 5.000 rupee per liter untuk kendaraan roda empat.
Ada juga pasar gelap untuk bahan bakar dengan harga yang lebih tinggi.
Tetapi orang-orang Sri Lanka yang putus asa akan bahan bakar bersedia membayar, bahkan dengan harga selangit.
''Orang-orang frustrasi dan berjuang dalam antrian. Banyak yang tidak mampu membeli makanan dan mereka berdiri dalam antrian sambil kelaparan. Kami terkadang berbagi makanan dengan orang-orang yang mengantri,'' kata Ruvini kepada DW.
Bahkan tenaga medis yang seharusnya diprioritaskan untuk BBM pun mengalami kendala.
''Sistemnya tidak teratur dan komunikasinya buruk. Petugas kesehatan hanya dialokasikan pada hari Jumat untuk memompa bensin dan bahkan dokter terkadang tidak bisa mendapatkan bahan bakar," kata Rajmohan Rajramanan, seorang dokter magang berusia 28 tahun di sebuah rumah sakit anak-anak besar di Kolombo.
“Antrian BBM untuk dokter hampir 2 kilometer dan butuh empat jam untuk mendapatkan bahan bakar. Kami juga harus menunggu sampai bahan bakar mencapai stasiun. Itu memakan waktu seharian. Karena kami dibutuhkan di rumah sakit, tidak semua orang bisa begitu saja. pergi dan menunggu dalam antrian,'' tambahnya.
Transportasi Terbatas dan Harga Naik
Angkutan umum juga telah dibatasi dan harga tiket bus telah meningkat secara eksponensial.
Kurangnya pilihan transportasi membuat perjalanan dan situasi darurat semakin sulit.
Hanya ada beberapa pengemudi becak dan taksi yang masih berada di jalan, dan tarif mereka yang tetap tinggal telah meningkat secara substansial.
''Anak muda seperti saya bisa mengatur perjalanan dengan bus yang penuh sesak. Tapi untuk orang tua dan wanita sangat sulit,'' kata Amaan, pemilik usaha dari Dehiwala.
''Sepupu saya sedang hamil dan memiliki komplikasi dengan kehamilannya yang mengharuskan dia pergi ke rumah sakit setiap hari untuk disuntik. Tetapi karena kekurangan bahan bakar, mereka tidak dapat melakukan perjalanan dengan mobil mereka. Mereka harus naik becak yang mahal,'' kata desainer grafis berusia 28 tahun Arunthathi Thiyagarajah, dari Kandy, kepada DW.
Berjalan kaki dan bersepeda telah menjadi pilihan yang disukai banyak orang Sri Lanka.
Tapi sepeda juga menjadi mahal, dengan harga naik dari sekitar 10.000 rupee hingga mencapai 80.000 rupee.
Dengan memburuknya krisis bahan bakar, ada kemungkinan pembatasan saat ini akan diperpanjang selama 12 hari lagi karena pemerintah berjuang untuk membayar pengiriman bahan bakar.
''Kami tidak tahu apa yang akan terjadi setelah 10 Juli,'' kata Dhatshayeni Karthigesu, 25 tahun, pemilik bisnis katering dari Wellawatte, yang harus menutup sementara bisnisnya karena harga tinggi.
''Kami telah beralih ke kompor induksi untuk memasak di rumah saya, tetapi orang-orang yang tidak mampu melakukannya menderita."
Kekurangan telah memukul beberapa kelompok ekonomi lebih buruk daripada yang lain.
Banyak buruh harian lepas yang kehilangan pekerjaan dan sulit mendapatkan bahan bakar dan makanan.
''Saya punya anak laki-laki berusia tiga setengah tahun, dan saya kesulitan mendapatkan paket susu untuknya,'' kata Wijendran Yuwadees, 34 tahun, distributor pupuk dari Dambulla.
Krisis di Sri Lanka mendorong migrasi besar-besaran.
''Sri Lanka adalah rumah saya tetapi jika situasinya memburuk dan ada penguncian yang lebih ketat, saya berencana untuk meninggalkan negara itu dan pergi ke India. Zona waktunya mirip, dan saya bisa bekerja jarak jauh dari sana untuk sementara,'' kata Arunthathi.
Sejak nilai rupee Sri Lanka jatuh, banyak yang ingin pergi ke luar negeri untuk mencari uang, menabung sampai situasi ekonomi membaik, dan kemudian kembali ke Sri Lanka.
Yang lain ingin meninggalkan negara itu secara permanen.
Keluarga juga mengirim anak-anak mereka ke luar negeri untuk belajar, misalnya di India, karena gangguan dan penutupan sekolah.
Orang Sri Lanka yang lebih kaya mencoba bermigrasi ke Inggris, AS, Australia, Kanada, atau UE untuk bekerja atau belajar.
Sejumlah besar orang mengajukan permohonan paspor baru atau memperbarui paspor lama mereka.
Slot untuk mendapatkan janji temu paspor di kantor paspor sudah penuh dipesan selama hampir tiga bulan.
Paspor dapat diproses dalam satu hari, tetapi hanya dengan biaya sekitar 15.000 Rupee.
Untuk pengurusan paspor standar harganya sekitar 3.500 Rupee, tapi waktu tunggunya sampai dua bulan.
''Ini akan memakan waktu setidaknya tiga sampai lima tahun untuk hal-hal berubah, dan orang-orang muda yang paling terpengaruh ingin pergi, "kata Nirosh yang mendaftar untuk belajar gelar master di luar negeri dan ingin membawa keluarganya bersamanya.
"Gaji saya tetap sama, tetapi pengeluaran meningkat. Kami khawatir tentang masa depan kami dan keluarga kami. Banyak yang bahkan rela terjerat utang, jika itu berarti mereka bisa meninggalkan negara itu."
Orang-orang Sri Lanka dari kelas ekonomi bawah atau tingkat pendidikan yang lebih rendah mencoba untuk bermigrasi ke negara-negara Timur Tengah untuk bekerja sebagai buruh harian.
Renu, seorang janda Sri Lanka berusia 40-an dari Kurunegala, bermigrasi tahun lalu ke Dubai dalam upaya putus asa untuk melarikan diri dari krisis ekonomi dan sekarang bekerja di sana sebagai pembantu rumah tangga.
Dia memiliki banyak pekerjaan dan menyimpan uang untuk dikirim kembali ke rumah dan berharap untuk membawa putrinya untuk bekerja di sana juga.
Wanita Sri Lanka lainnya yang tiba di Dubai dua bulan lalu dengan visa tiga bulan masih kesulitan mencari pekerjaan.
Kedua wanita ini merasa bahwa situasi di Sri Lanka tidak akan membaik dalam waktu dekat.
Sentimen ini dimiliki oleh banyak orang Sri Lanka yang tidak ingin meninggalkan negara mereka, tetapi tidak melihat alternatif karena situasi di sana terus memburuk.