Samsung Recall Galaxy Note 7, Ini Kompensasi Bagi Konsumen yang Sudah Pre-order

Ade Sulaeman

Editor

Samsung Recall Galaxy Note 7, Ini Kompensasi Bagi Konsumen yang Sudah Pre-order
Samsung Recall Galaxy Note 7, Ini Kompensasi Bagi Konsumen yang Sudah Pre-order

Intisari-Online.com – Disebabkan oleh beragam masalah baterai, Samsung memutuskan untuk menarik ponsel yang sudah dibeli dan membatalkan pemesanan Galaxy Note 7. Selain itu, Samsung siap melakukan pengembalian penuh (refund) dan beberapa kompensasi lainnya.

Lantas kompensasi apa yang dimaksud oleh Samsung?

Berdasar screenshot percakapan (live chat) di situs resmi Samsung antara konsumen dan customer service (CS), yang didapat KompasTekno dari sumber yang tidak mau disebut namanya, Sabtu (3/9/2016), Samsung memang menyediakan kompensasi yang menarik.

Kompensasi tersebut berupa voucher belanja senilai Rp1 juta (tidak diketahui merchant-nya), dan cash back (diskon) Rp2 juta jika pelanggan tersebut ingin membeli Galaxy Note 7 lagi saat produk tersebut tersedia di Indonesia.

Sebelumnya, Samsung sudah membuka pre order Galaxy Note 7 sejak awal Agustus lalu di Indonesia, dan menjanjikan unitnya bisa diterima pada 1 September. Dua hari menjelang pengiriman produk, Samsung mengumumkan penundaan pengiriman hingga 17 September.

Namun karena Samsung global kemudian memutuskan untuk me-recall semua unit Galaxy Note 7 yang beredar, baik yang di pasar atau tangan pengguna, maka sesi pre-order itu pun dibatalkan dan disusul dengan proses refund.

Recall karena baterai

Sebelumnya, Samsung global telah mengumumkan menghentikan produksi Galaxy Note 7 dan menarik peredarannya dari pasar, setelah ada laporan mengenai baterai yang bermasalah, seperti terbakar atau meledak, di beberapa negara.

"Kami telah melakukan investigasi menyeluruh dan menemukan kendala dalam baterai, bisa diperbaiki dengan menggantinya. Namun, kami juga akan mengajukan solusi untuk para konsumen," ujar juru bicara Samsung.

"Mengingat keamanan konsumen adalah prioritas utama bagi Samsung, maka kami harus menghentikan penjualan Galaxy Note 7," imbuh juru bicara tersebut.

Untuk diketahui, di Indonesia, Galaxy Note 7 yang dijual seharga Rp10.777.000 (versi 64 GB) itu ludes dipesan dalam waktu tiga hari semenjak sesi pemesanan dibuka pada 5 Agustus lalu.

Konsumen yang memiliki pertanyaan soal refund Galaxy Note 7 bisa menghubungi call center Samsung Indonesia di nomor toll free 0-800-112-8888 atau (021) 5699-7777, atau bisa juga melalui layanan live chat di situs Samsung Indonesia.

(kompas.com)