Jangan Pernah Ceritakan 10 Hal Ini Pada HRD di Kantor Anda! (2)

Tika Anggreni Purba

Editor

Jangan Pernah Ceritakan 10 Hal Ini Pada HRD di Kantor Anda! (2)
Jangan Pernah Ceritakan 10 Hal Ini Pada HRD di Kantor Anda! (2)

Intisari-online.com—Sekalipun hubungan Anda begitu dekat dengan orang-orang di Human Resource Department (HRD) di kantor Anda, pastikanlah untuk menjaga perkataan Anda.

Bergaul dengan staf HR tidak salah, sebab mereka adalah rekan kerja Anda. Namun, pastikan sikap Anda seimbang agar pengembangan karier profesional bisa berjalan dengan baik. Jangan pernah ceritakan 10 hal ini pada mereka!

6. Anda bekerja sambilan padahal Anda memiliki pekerjaan penuh waktu

Ketika Anda menceritakan pada HR bahwa Anda memiliki pekerjaan lain di luar pekerjaan utama Anda, HR bisa saja meragukan komitmen Anda pada pekerjaan itu.

Bisa saja mereka berpikir bahwa Anda mencari pekerjaan lain karena perusahaan tidak membayar Anda degan baik.

7. Anda pernah dituntut rekan kerja Anda karena kekerasan dan persoalan di perusahaan lama Anda

HRD biasanya hidup patuh terhadap hukum. Jika Anda pernah terlibat kasus di kantor lama Anda (sekalipun Anda benar), pastikan untuk tidak menceritakannya pada HRD.

8. Terlalu detail menceritakan masalah kesehatan

Jika Anda menceritakan kondisi kesehatan Anda sangat detail pada HRD, mereka bisa jadi mempertimbangkan kompetensi Anda. Mereka akan berpikir akan kerugian perusahaan jika mereka memperkerjakan karyawan yang sering sakit.

Juga saat Anda sudah bekerja. Pastikan masalah kesehatan tidak menghambat promosi dan kesempatan Anda untuk berkarier dengan lebih baik.

9. Anda pernah terlibat kasus pencurian dll

Bisa jadi mungkin itu tidak kesalahan Anda, namun Anda pernah terlibat di kasus terstruktur yang diturunkan dari atasan Anda. Pastikan untuk tidak terlalu menceritakan kejadian itu pada HRD.

Urusan pribadi biarlah tetap menjadi urusan pribadi. Anda hanya perlu menjadi profesional di kantor Anda sekarang.

10. Kehidupan pribadi Anda

Banyak hal yang mungkin menjadi masalah pribadi Anda, namun pastika mencari teman yang tepat untuk bercerita. Jangan pada HRD sekalipun ia teman Anda. Sebab secara tidak langsung, ketika Anda bercerita pada mereka, itu akan membangun persepsi dan prasangka tentang diri Anda.

(psychologytoday.com)