Intisari-Online.com -Pada akhir 2019 lalu, hubungan dagang dan kedekatan China dan Rusia sempat terusik.
Saat itu, industri pertahanan Rusia, Rostec, menuduh China telah menjiplak secara ilegal banyak persenjataan dan perangkat keras militer Rusia lainnya.
Yevgeny Livadny, pimpinan proyek properti intelektual di Rostec, mengatakan, "Mencontek perangkat militer kami adalah sebuah masalah besar. Sudah ada 500 kasusnya selama 17 tahun."
Menurut Livadny, China telah meng-kopi jet tempur Sukhoi mulai dari badan, mesin hingga ke kokpitnya.
China juga dituduh melakukannya di sistem pertahanan udara dan rudal pertahanan udara maupun rudal jarak menengah darat ke udara.
Misalnya, China membeli jet tempur Sukhoi Su-27 dan sistem rudal S-300 tapi kemudian menggunakannya sebagai template untuk pengembangan jet tempur buatannya sendiri, J-11, dan rudal darat ke udara HQ-9.
Setelah tuduhan penjiplakan tersebut, kini teknologi militer China justru dikabarkan melebihi Rusia.
China telah lama bergantung pada industri penerbangan Rusia untuk kebutuhan jet tempurnya.
Namun, ketergantungan Beijing pada Rusia bisa segera berakhir jika varian kursi ganda dari jet siluman J-20 China dari foto-foto terbaru bisa digunakan.
Foto-foto tambahan telah muncul di media sosial yang menunjukkan pesawat tempur berbasis kapal induk pertama China, melansir The EurAsian Times, Rabu (3/11/2021).
Dengan perkembangan baru ini, China tampaknya telah melampaui Rusia.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Royal United Service Institute (RUSI), sebuah think tank militer, China mungkin telah melampaui pesawat tempur Rusia.
Dominasi yang semakin meningkat dalam teknologi jet tempur didasarkan pada faktor-faktor yang berbeda seperti anggaran militer yang besar, kesediaan untuk merekayasa balik teknologi yang ada, dan penerapan lintas industri elektronik sipil China yang berkembang dengan baik untuk pembuatan avionik canggih.
Sebaliknya, sanksi yang dikenakan oleh Barat terhadap Rusia telah membatasi akses Moskow ke komponen yang diperlukan untuk sensor kinerja tinggi.
Pesawat China juga melampaui rekan-rekan Rusia mereka dalam hal desain.
Apakah Jet China Lebih Baik?
Baca Juga: Mengulas Penyebab dan Latar Belakang Pertempuran 10 November di Surabaya
Kelincahan dan kecepatan pesawat apa pun dapat ditingkatkan dengan mengurangi bobotnya.
Mengganti bahan komposit ringan untuk komponen logam adalah salah satu teknik penghematan berat yang paling penting dalam desain pesawat saat ini.
Penggunaan komposit dalam skala besar bisa mahal dan menantang secara teknologi.
Meskipun demikian, China menggunakan komposit di pesawat tempur J-11B, J-11D, dan J-16, yang semuanya didasarkan pada Flanker Rusia.
Akibatnya, dibandingkan dengan jet Rusia asli, jet China memiliki rasio dorong-terhadap-berat yang lebih baik.
Untuk pesawat angkut Y-20 “Chubby Girl”, Xi'an Aircraft Corporation merevolusi teknologi komposit dengan komponen komposit pencetakan 3D dan mengadopsi teknik desain berbantuan komputer yang inovatif.
Radar Active Electronically Scanned Array (AESA) adalah standar emas saat ini dalam teknologi sensor, dengan jangkauan lebih jauh, resolusi lebih tinggi, dan kapasitas untuk mempertahankan banyak trek dibandingkan pendahulunya.
Radar AESA jauh lebih sulit dideteksi, memungkinkan pencarian target tanpa mengungkapkan posisinya.
Baca Juga: Para Wanita Israel Kuno Punya Jimat Khusus Penarik Hati Pria, Seperti Apa Kehidupan Masa Itu?
Pesawat tempur bermesin ganda J-11B/D, J-15, dan J-16 China, pesawat tempur bermesin tunggal J-10, dan pesawat siluman J-20 semuanya dilengkapi dengan AESA.
Sementara itu, Rusia kurang dalam hal operasionalisasi AESA di pesawat tempur siluman Su-57 dan MiG-35.
Penggabungan luas radar AESA ke dalam desain China baru-baru ini menjamin bahwa mereka akan memiliki kemampuan sensor yang lebih baik dibandingkan dengan pesawat tempur Barat yang mutakhir.
Perang di luar jangkauan visual (BVR) bergantung pada rudal yang dapat melibatkan lawan pada jarak yang lebih jauh selain sensor dan dalam beberapa tahun terakhir, China telah mulai mengerahkan dua rudal BVR canggih.
Yang pertama adalah PL-12, yang memiliki kinerja yang sebanding dengan rudal AIM-120C AS dan mengungguli rudal R-77 BVR Rusia.
China juga telah memproduksi rudal PL-15, yang dikatakan memenuhi atau melampaui jangkauan rudal AIM-120D BVR AS terbaru.
Sementara itu, Rusia mengalami kesulitan dalam mengerahkan rudal R-77-1 dalam jumlah yang memadai.
Laporan RUSI menunjukkan bahwa rudal pencari panas jarak pendek R-73 Rusia memiliki reputasi keseluruhan yang unggul, mereka tidak memiliki sensor pencitraan inframerah yang dapat membedakan pesawat dari umpan suar, tidak seperti rekan-rekan China dan AS.
Teknologi mesin adalah salah satu area di mana China masih perlu mengungguli Rusia, Beijing terus membeli mesin turbofan Rusia saat mencoba mengembangkan alternatif lokal seperti WS-10B dan, akhirnya, WS-15 yang bertenaga.
Namun, seperti yang dilaporkan EurAsian Times, J-20 'Mighty Dragon' China, terlihat dengan mesin WS-10C yang diproduksi di dalam negeri di pameran udara Zhuhai.
Teknologi mesin jet adalah salah satu area di mana China tertinggal, tetapi sekarang hampir diurus, karena Beijing pada akhirnya dapat menggantikan turbofan AL-31F buatan Rusia dengan mesin asli yang hanya dapat dikuasai oleh beberapa negara.