Advertorial
Intisari-online.com -Tanpa disadari perkembangan smartphone di Indonesia cukup signifikan meski pendapatan yang didapat oleh brand agak menurun selama pandemi.
Namun, bila dilihat kembali, brand smartphone di tanah air ternyata didominasi oleh brand yang berasal dari China.
Persaingan di pasar smartphone di negara China sudah sangat ketat dengan begitubanyak brand yang memilih negara lain untuk promosikan produknya.
Perkembangan pasar smartphone di Indonesia berdasarkan laporan CounterPoint Research.
Baca Juga:realme 7 dan realme 7 Pro Resmi Hadir Mulai Harga Rp 3 Juta, Ini Bedanya Dengan realme 6
Menurut laporan itu juga, brand China memiliki porsi besar dalam pasar smartphone Indonesia.
CounterPoint menunjukkan bahwa pada kuartal kedua tahun ini, Vivo memimpin pasar dengan pangsa pasar 21,2%.
Setelah Vivo, ada Oppo di posisi kedua dengan 20,6%, lalu ada Samsung (19,6%), Xiaomi (17,9%) dan Realme (13,6%).