Find Us On Social Media :

Ketika Kepercayaan Terhadap Segala Sesuatu Telah Hilang, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 18 September 2017 | 14:40 WIB

Intisari-online.com - Sebuah relasi/lingkungan yang kehilangan rasa saling percaya di dalamnya, akan selalu membuat kehidupan kita tidak nyaman.

Entah itu kepercayaan pada orang lain, lingkungan, pemerintah, relasi dengan sesama, diri sendiri, bahkan kehilangan kepercayaan terhadap segala sesuatu di dunia ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh soal kepercayaan yang sudah rusak, sebaiknya kita memahami dulu apa itu arti percaya.

(Baca juga: Empat Cara Mengembalikan Kepercayaan yang Hilang)

Kepercayaan adalah sebuah keyakinan pada karakter, kemampuan, kekuatan, atau kebenaran seseorang terhadap sesuatu. Di dalam sebuah kepercayaan akan selalu ada harapan dan ekspektasi.

Saat kepercayaan itu rusak, maka membutuhkan waktu untuk memulihkannya kembali.

Jika kita merasa sulit memberi kepercayaan terhadap orang lain atau sesuatu, cobalah tip yang dilansir dari Psychologytoday.com berikut ini:

1. Jangan menarik diri, cobalah berbicara dengan orang lain yang bisa kita percaya

Ketika kita kehilangan kepercayaan, umumnya kita merasa enggan untuk mempercayai siapa pun dan apa pun. Namun sebetulnya tindakan ini salah.

Justru ketika kita kehilangan kepercayaan terhadap orang lain, carilah orang lain yang kepadanya kita dapat mencurahkan isi hati. Orang tersebut bisa saja orang terdekat kita atau komunitas yang dapat mendukung kita.

2. Bergabunglah dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama dengan kita

Untuk kegiatan apapun itu, asal sesuai dengan hasrat dan tujuan kita, bergabunglah dengan komunitas. Entah kegiatan sosial, kegiatan pengumpulan dana, dan kegiatan berbagi lainnya. Hal ini akan membuka pandangan kita lebih luas lagi dalam melihat dunia.

3. Berbanggalah untuk pencapaian yang sudah kita raih