Find Us On Social Media :

Masih SMP, SBY yang Punya Cita-cita Jadi Guru Sudah Dapat Beasiswa untuk Kuliah dari Politikus Partai Demokrat

By Moh Habib Asyhad, Senin, 18 September 2017 | 10:30 WIB

Intisari-Online.com - SBY senang bukan kepalang. Bagaimana tidak, bocah asal Kalimantan Barat yang saat ini masih duduk di kelas 7 SMP Negeri 4 Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, itu baru saja menerima beasiswa kuliah dari politikus Partai Demokrat.

Ia meneria beasiswa itu di hadapan ribuan warga, kader dan simpatisan Partai Demokrat (PD) yang tumpah ruah memenuhi Stadion Kridasana Singkawang.

Yang memberikan beasiswa adalah anggota Komisi III DPR RI asal Kalimantan Barat, Erma Suryani Ranik. Beasiswa itu diberikan kepada ia punya nama yang sama dengan nama panggilan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

(Baca juga: Sunardi, Anak Penggali Kuburan yang Tak Hanya Berhasil Jadi Dokter, Tapi juga Rih Beasiswa S-3 di Jepang)

Beasiswa tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan dan Erma Suryani Ranik di sela rangkaian acara pelantikan ketua dan pengukuhan pengurus DPD PD Kalimantan Barat serta HUT PD ke 16, Minggu (17/9) siang.

SBY. Ya, nama siswa berusia 14 tahun ini memang hanya terdiri atas huruf saja.

Bukan singkatan, bukan pula ejaan. Nama tersebut diberikan oleh sang ayah, Rupinus Lancit dan ibunya, Kristina Sion bertepatan dengan pelantikan SBY sebagai presiden keenam Republik Indonesia pada tahun 2004 silam.

“Waktu itu dia lahir pas pelantikan Pak SBY sebagai presiden,” ungkap Lancit yang ditemui usai penyerahan beasiswa untuk anaknya itu.

SBY sendiri merasa bangga menyandang nama tersebut. Tak pernah sedikit pun ia merasa malu dengan nama pemberian orangtuanya itu.

“Teman-teman di sekolah panggil SBY, guru juga panggil SBY. Ndak ada yang ngolok (ngejek),” ucap SBY dengan logat khas Dayak yang kental.

SBY pun mengaku senang dengan beasiswa yang diterimanya itu. Beasiswa itu akan diberikan pada saat ia nanti melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan di perguruan tinggi.

Ia juga menerima buku-buku pengetahuan dan ensiklopedi serta sejumlah uang untuk membantu biaya pendidikan saat ini yang dititipkan kepada sang ayah.

(Baca juga: Ini Momen Langka! Setelah 13 Tahun Lamanya, Megawati dan SBY Akhirnya Merayakan HUT RI Bersama-sama di Istana Negara)