Find Us On Social Media :

Sudah Enggak Zaman Lagi Gengsi, Pria Memang Butuh Perawatan Wajah, Kok, Ini Alasannya

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 18 November 2018 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com – Pentingnya pria merawat wajahnya, diamini oleh dr. Dian Pratiwi, Sp.KK, spesialis kulit yang berpraktik di Erha Clinic, Kemanggisan, Jakarta. “Kulit wajah yang sehat terawat merupakan keharusan,” ujarnya. Kulit wajah yang sehat akan meningkatkan rasa percaya diri.

Memang ada yang berpendapat, perawatan kulit umumnya urusan wanita. Pria cukup berkulit kasar dan maskulin.

Namun, satu hal yang tak boleh dilupakan, bahwa kulit merupakan pelindung terluar kita dari matahari, polutan, asap rokok, dan cuaca yang tidak bersahabat. Bila tak dijaga, kulit bisa mengering, mudah gatal, cepat mengalami kerut, penuaan dini, bahkan meningkatkan kemungkinan terkena kanker kulit.

“Walaupun tidak satu pun pria yang ingin mengalami hal ini, faktanya banyak pria yang tidak merasa perlu merawat kulitnya,” jelas Dian.

Baca Juga : Seperti Panu, Kenali Penyebab Bercak Putih di Wajah Agar Bisa Segera Diatasi

Akibatnya ya bila kita tidak menjaga kesehatan kulit, kulit pun tidak bisa bekerja optimal menjaga kesehatan kita.

Namun, menurut Dian, pria zaman sekarang ini sudah lebih memperhatikan kesehatan kulitnya. Mereka tidak ragu untuk melakukan berbagai perawatan kulit di klinik sesuai kebutuhan. Mereka juga mulai rajin dan telaten menggunakan produk perawatan kulit sehari-hari di rumah.

Pertanyaan selanjutnya tentulah, mengapa pria perlu merawat mukanya? Asal tahu saja, secara umum kulit pria 20% lebih berminyak,  berpori lebih besar, dan tampilannya lebih kasar ketimbang kulit perempuan.

Konsekuensinya, kulit pria lebih mudah kotor. “Karena porinya lebih terbuka, kotoran lebih gampang masuk,” tambah Dian. Belum lagi aktivitas pria yang cenderung lebih tinggi daripada perempuan.

Baca Juga : Setelah Operasi, Pria Pemilik 'Wajah Singa' Ini Bikin Pangling Orang Akan Penampilan Barunya

Terpaan sinar matahari, debu, cucuran keringat, hingga polusi yang lebih banyak ketika beraktivitas di luar membuat kulit wajah pria mau tak mau harus dirawat.

Namun sebenarnya esensi perawatan muka antara pria dan perempuan itu perbedaannya tak signifikan. Sama-sama bertujuan untuk mendukung penampilan dan kesehatan.

Cuma, tingginya aktivitas dan sedikitnya waktu yang tersedia untuk merawat wajah bagi pria menyebabkan perlakuan yang berbeda.