Find Us On Social Media :

Menang Lawan Kanker Tiroid, Kini Rachel Amanda Ingin Lebih 'Mendengarkan' Tubuh

By Intisari Online, Rabu, 14 November 2018 | 15:15 WIB

Intisari-Online.com - Aktris Rachel Amanda kini menjalani hidup dengan penuh kesadaran setelah berhasil menang melawan penyakit kanker tiroid.

Dara kelahiran 1 Januari 1995 ini mengaku lebih menjaga kesehatan mental dan fisiknya.

"Sebenarnya tidak ada pantangan makanan, tetapi ketika pengen makanan tertentu pasti aku pikirkan dulu ada manfaatnya atau tidak buatku, jadi lebih sadar saja," kata wanita yang akrab disapa Amanda ini.

Sementara kesehatan mental ia bangun dengan melakukan olahraga yang membuatnya tenang, seperti yoga secara rutin.

Baca Juga : Hati-hati! Hampir Mirip Flu, Inilah Ciri Kanker Tiroid yang Sering Tidak Disadari

"Aku juga berusaha mendengarkan tubuhku. Kalau sudah capek, istirahat," paparnya yang ditemui disela peluncuran aplikasi Go Apotik di Jakarta (13/11).

Amanda merasa beruntung karena kanker tiroidnya ditemukan di stadium satu sehingga proses penyembuhannya lebih cepat.

Baca Juga : Menurunkan Risiko Kanker Tiroid dengan Meminum Teh Chamomile

Stadium satu

Dokter mendiangosisnya kanker tiroid pada tahun 2014. Ketika itu Amanda mengalami hipertiroid dan minum obat secara rutin.

Kondisi hipertiroid atau hormon tiroid yang terlalu aktif membuatnya mengalami gejala gampang lelah, jantung berdebar-debar, metabolisme tinggi, dan juga sering gemetar.

"Waktu itu aku minum obat hipertiroid untuk menormalkan hormonnya, tetapi setelah stabil leherku makin bengkak dan ternyata ada tumor di tiroid kanan," tutur wanita yang baru meraih gelar sarjana psikologi ini.

Tindakan operasi dilakukan untuk mengangkat benjolan di kelenjar tiroid tersebut. Namun, dokter akhirnya mengangkat kedua tiroidnya dan menemukan sel kanker di bagian tiroid kirinya.