Find Us On Social Media :

Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Tanda-tanda Bayi Lahir dengan Penyakit Jantung Bawaan, Salah Satunya Tak Menangis saat Lahir

By Ade Sulaeman, Rabu, 14 November 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Ziona Eden, putri dari aktris Joanna Alexandra lahir dengan beberapa kelainan atau penyakit bawaan.

Dikutip dari dari Youtube Trans 7 Official, Joanna menyebutkan beberapa kelainan yang dimaksud antara lain kaki yang bengkok ke dalam hingga lubang kecil dijantung Zio, sapaan Ziona.

"Jadi Zio itu waktu lahir itu kelainannya ada beberapa. Jadi dia lahir ada kakinya bengkok ke dalem, atau club foot. Terus jantungnya juga ada bolong sekitar 4,5 mili," tutur Joanna seperti dilansir dari Grid.id.

Perlahan, Zio sudah mulai pulih. Kakinya yang bengkok ke dalam sudah mulai bisa kembali normal pun jantungnya yang berlubang juga mulai menutup.

Baca Juga : Tak Hanya Idap Jantung Bocor dan Hernia, Bayi 3 Tahun Asal Madiun Ini Juga Idap Penyakit Langka

Salah satu hal yang membuat kondisi Zio, khususnya jantungnya, lekas membaik diduga karena semuanya terdeteksi sedini mungkin.

Sebab, jika tidak, bisa saja kondisi jantung Zio sudah terlanjur memburuk sehingga sulit untuk diobati.

Apalagi, kebanyakan penyakit jantung bawaan tidak terdiagnosis segera setelah lahir.

"Sekitar 50 persen terdeteksi segera setelah lahir, sisanya tidak," ujar dokter spesialis bedah jantung anak Siloam Heart Institute, Prof. dr. Ganesja M. Harimurti, SpJP(K) di Jakarta, Selasa (20/9/2016), seperti dilansir dari kompas.com.

Baca Juga : Wahai Orangtua, Inilah Faktor yang Membuat Bayi Lahir dengan Cacat Jantung Bawaan Seperti Bayi Debora

Menurut Ganesja, sebenarnya bayi yang terlahir dengan kondisi adanya masalah bawaan pada jantung bisa dideteksi oleh orangtua tanpa perlu ke dokter.

Salah satunya berupa tubuh si kecil yang berwarna biru saat dia menangis.

Munculnya warna biru bisa diduga sebagai tanda adanya pencampuran antara darah kotor dan darah bersih.