Penulis
Intisari-Online.com – Logo perusahaan merupakan salah satu hal terpenting untuk sebuah perusahaan.
Bisa dibilang logo perusahaan akan selalu mencerminkan sebuah perusahaan.
Harus dibuat seunik mungkin agar ketika melihat logonya, maka kita semua akan tahu apa nama perusahaannya.
Di dunia ini, ada begitu banyak logo perusahaan terkenal.
Namun jarang sekali kita memikirkan asal usul atau maknannya.
(Baca juga: Cegah Pedofilia Lebih Dini dengan Mengenali Logo-logo Pedofilia Berikut Ini)
Oleh karena itu, Bright Side menemukan 10 cerita dari logo perusahaan terkenal.
1. Apple
Beberapa orang mengatakan logo Apple didedikasikan untuk Alan Turing, seorang ilmuwan Inggris yang dianggap sebagai bapak ilmu komputer.
Alan diketahui mengakhiri hidupnya dengan menggigit apel beracun.
Namun sebenarnya, maknanya jauh lebih sedernana.
Perancang Rob Janoff mengatakan bahwa dia membuat apel yang digigit untuk menunjukkan dimensinya karena keseluruhan apel dapat dengan mudah dibingungkan dengan buah bulat lainnya.
(Baca juga:Berbau Seks dan Vulgar, 8 Logo Ini Dibilang Terburuk Sepanjang Masa, Tidak Heran Langsung Diganti?)
2. Ferrari
Banyak yang mengira logo Ferrari melambangkan tenaga kuda, tapi itu tidak benar.
Dalam biografinya, Enzo Ferrari menyebutkan bahwa siluet kuda itu awalnya dilukis di pesawat pilot ace Italia Francesco Baracca.
Lukisan itu diberikan kepada Enzo oleh ibu Francesco setelah kemenangannya dalam sebuah perlombaan, dan kemudian menjadi logo yang terkenal.
3. Wikipedia
Tidak mengherankan jika logo ensiklopedia di seluruh dunia adalah Bumi.
Potongan teka-teka itu terdiri dari simbol multilingualisme, jadi masing-masing diberi label huruf dengan bahasa yang berbeda.
Secara keseluruhan, mereka membuat kata “wikipedia”, sedangkan potongan yang hilang menunjukkan bahwa ensiklopedia belum selesai dan terus diperbarui.
(Baca juga: Disengaja atau Tidak Ya? Logo Klinik Kecantikan Asal Vietnam Ini Sama dengan Logo Perusahaan dalam Film Resident Evil)
4. Android
Perancang grafis Irina Blok dan timnya diberi tugas menciptakan logo yang akan mencakup robot dan mudah dikenali.
Walau terlihat lucu, logo Android ini terinspirasi dari simbol yang biasa kita lihat di pintu kamar mandi umum.
5. McDonald’s
Tahun 1962, psikolog senior McDonald’s Louis Cheskin menyarankan untuk mengganti logo Speedee the Cook dengan lengkungan emas yang membentuk huruf “M”.
Pemikirannya adalah bahwa bentuk seperti itu menyerupai payudara wanita, yang secara tidak sadar membangkitkan nafsu makan dan mengingatkan orang akan masa kecil yang bahagia.
Perlu diingatkan, Cheskin tidak menciptakan lengkungan ini sendiri. Logo ini hadir sejak tahun 1950-an.
6. BMW
Rumor mengatakan bahwa logo BMW melambangkan baling-baling pesawat.
Bahkan beberapa karyawan perusahaan setuju.
Namun sebenarnya jauh lebih sederhana. Warna biru dan putih dipilih untuk mewakili warna Bavaria.
7. Uber
Uber baru saja mengubah logonya dari “U” menjadi sesuatu yang agak mirip dengan bit informasi atau atom.
Perusahaan menyatakan bahwa logo baru tersebut mewakili mobil mereka yang dapat ditemukan di manapun, seperti bit atau atom.
8. Nike
Siapa sangka salah satu logo yang paling dikenal di dunia ini sebenarnya adalah salah satu yang termurah.
Dengan harga hanya 35 US Dollar (Rp466.830), Phil Knight, pemilik perusahaan tersebut, membayar siswa Carolyn Davidson pada 1971.
Awalnya ia tidak puas dengan hasilnya namun logo swossh menjadi sangat sukses. Sebab logo tersebut sering dikatikan dengan sayap Nike, dewi kemenangan.
9. Starbucks
Sedikit yang tahu bahwa logo Starbucks adalah putri duyung yang memegangi sirip ekornya.
Logo ini terinspirasi oleh mitos peri Melusine, seorang duyung dengan dua ekor yang menikahi pria fana.
Tahun 1971, gambaran keseluruhan putri duyung dapat dilihat di cangkor kopi, namun kemudian disensor.
10. Pepsi
Logo Pepsi nampaknya cukup sederhana, namun harganya jauh lebih mahal daripada yang bisa kita kira. Sekitar 1 juta US Dollar (Rp13,3 miliar).
Perancang mengembangkannya sesuai dengan proporsi rasio emas yang dianggap harmonis dan menyenangkan bagi mata manusia.