Find Us On Social Media :

Tak Hanya Lezat dan Sehatkan Tubuh, Pepaya Juga Bisa Obati Jerawat, Lo, Ini Caranya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 November 2018 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com – Jerawat yang membandel memang membuat kita menjadi tidak nyaman. Jerawat terutama disebabkan karena pori-pori tersumbat minyak berlebihan, atau kotoran lainnya.

Akhirnya menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, yang menyebabkan jerawat. Jerawat terjadi pada wajah, dada, leher, dll.

Jerawat juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon, kebersihan yang buruk, dan lainnya. Berbagai macam salep dan krim tersedia di pasar untuk mengobati jerawat. Tetapi, cobalah dengan cara alami, yang tidak hanya efektif dalam hal biaya, tetapi aman untuk kulit, bahkan jika digunakan secara teratur.

Pepaya dan Madu

Baca Juga : Dari Putih Telur Hingga Tomat, Ini 5 Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat Dengan Cepat

Menggunakan madu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Ini juga melembabkan kulit. Kupas setengah porsi pepaya dan potong kecil-kecil. Lalu masukkan pepaya dan madu ke dalam blender dan proses hingga menjadi pasta yang halus.

Oleskan pasta tadi di seluruh wajah atau hanya daerah yang berjerawat. Diamkan selama sekitar 40 – 45 menit. Lalu bilas dengan air biasa. Ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

Pepaya dan cuka sari apel

Cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, jadi mengobati peradangan pada kulit. Hancurkan pepaya matang.

Baca Juga : Masker Madu dan Kayu Manis Ampuh Basmi Jerawat Hingga ke 'Akarnya', Begini Cara Mudah Membuatnya

Lalu tambahkan sejumlah air dan cuka sari apel dengan perbandingan sama. Campur semua bahan dengan blender, hingga menjadi pasta halus.

Ambil lap lembut dan celupkan ke dalam air hangat. Peras kelebihan air dan letakkan di wajah selama beberapa menit.

Oleskan pasta tadi di atas kain lap ini secara merata dan biarkan sampai kering. Kemudian bilas menggunakan air biasa dan keringkan.