Find Us On Social Media :

Kaya Flavanol, Cokelat Hitam Dipercaya Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 5 September 2017 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com - Penyakit kardiovaskular, alias penyakit pada jantung dan pembuluh darah, merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pertama di dunia.

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan faktor risiko untuk terjadinya penyakit kardiovaskular.

Di era yang semakin maju ini, banyak orang cenderung kurang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, sehingga semakin meningkatkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

Diperlukan adanya modifikasi gaya hidup untuk menurunkan risiko tersebut, selain dengan berolahraga tentunya harus diimbangi dengan makanan yang tepat.

(Baca juga: Faktor Penyebab Kematian Menurut Tinggi Badan: Kardiovaskular untuk Si Pendek dan Kanker untuk Si Jangkung)

Namun tahukah Anda bahwa banyak hipotesis mengatakan bahwa mengonsumsi cokelat hitam alias dark chocolate dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular?

Apa bedanya cokelat hitam (dark chocolate) dengan cokelat biasa?

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan suatu tanaman bernama Theobrama cacao yang kaya akan flavonoid.

Dark chocolate memiliki fungsi sebagai pelindung jantung termasuk sebagai antioksidan dan penghambat aktivitas platelet (trombosit).

Selain itu, mengonsumsi cokelat hitam diketahui memiliki keuntungan dalam  menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Tapi ini bukan berarti kita dapat mengonsumsi cokelat hitam secara berlebihan, karena konsumsi cokelat yang berlebihan juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita.

U.S. Food and Drug Administration telah membagi cokelat menjadi beberapa kategori berdasarkan kandungan cacao di dalamnya, di antaranya adalah :

•       Unsweetened chocolate: mengandung 100% cacao