Find Us On Social Media :

Demokrat Kuasai Kongres, Trump akan Ditekan untuk 'Lebih Beringas' Tak Hanya kepada Musuh, Tapi Juga Sahabat AS

By Intisari Online, Jumat, 9 November 2018 | 11:29 WIB

Intisari-Online.com - Keberhasilan Partai Demokrat memenangkan pemilu sela melahirkan sejumlah pertanyaan terkait arah kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Setelah menguasai House of Repsesentatif atau lembaga setingkat DPR, Demokrat akan membalikkan kebijakan Partai Republik yang dinilai lepas tangan terhadap kebijakan luar negeri yang diambil Trump.

Termasuk mendorong kebijakan yang lebih keras kepada Rusia, Arab Saudi dan Korea Utara .

Anggota Kongres AS dari Partai Demokrat, Eliot Engel menyebut, partainya juga mengincar otorisasi Kongres untuk penggunaan kekuatan militer di sejumlah kawasan seperti Irak dan Suriah.

Baca Juga : Banyak Orangtua Kaya Kejar 'Mewahnya' Kewarganegaraan AS, 'Bisnis Melahirkan' Pun Laris di Rusia, Trump Geram

Namun, ia juga mengakui tak banyak yang bisa dilakukan di beberapa negara lain seperti di China dan Iran.

Sebagai partai mayoritas, Demokrat akan memutuskan undang-undang apa yang dipertimbangkan di DPR dan memiliki peran lebih besar dalam menetapkan kebijakan belanja dan legislasi.

“Saya tidak berpikir kita harus menantang sesuatu hanya karena itu dikemukakan oleh pemerintah, tetapi saya pikir kita memiliki kewajiban untuk meninjau kebijakan dan melakukan pengawasan,” kata Engel seperti dilansir Reuters.

Namun mereka masih harus bekerja dengan Senat AS yang masih dikuasai Partai Republik untuk meloloskan anggaran. Maka kekuatan terbesar Demokrat adalah soal pengawasan.

Baca Juga : Trump Tolak Undangan India, Inikah Bentuk Kemarahannya karena Negara Sungai Gangga Itu 'Membangkang'?