Find Us On Social Media :

Mulai dari Coca-cola Hingga Naik ke Atap Bus, Inilah Foto-foto Menakjubkan dari Prosesi Ibadah Haji Tahun 1953

By Ade Sulaeman, Jumat, 1 September 2017 | 15:20 WIB

Intisari-Online.com - Seiring perkembangan teknologi, beribadah haji saat ini relatif lebih nyaman dibanding dahulu kala.

Misalnya kondisi saat ini di mana perjalanan bisa menggunakan pesawat, bukan jalur laut yang lama.

Namun tentu saja zaman dulu tidak perlu berdesak-desakan seperti saat ini, karena jumlah peziarah tidak sebanyak sekarang.

Tidak percaya? Lihat saja foto-foto menakjubkan dari prosesi ibadah haji tahun 1953, atau sekitar 60 tahun yang lalu ini!

Banyak peziarah yang melakukan perjalanan ke Mekah menggunakan jalur laut, pada hari-hari perjalanan udara komersial masih dalam tahap awal dan belum tersedia secara luas seperti sekarang ini.

Berikut ini foto-fotonya:

Bagi mereka yang mampu membelinya, mereka akan memulai perjalanan mereka menggunakan pesawat berukuran kecil dari negara-negara terdekat.

Seperti saat ini, bus akan digunakan untuk mengangkut jamaah dari tempat ke tempat. Tentunya, dengan jumlah kendaraan yang sedikit, mereka harus berdesak-desakan hingga harus naik di atap bus.

Rumah dan hotel dapat dilihat di luar perimeter masjid suci itu. Banyak dari bangunan-bangunan bersejarah harus dibongkar untuk membuat jalan bagi ekspansi masjid. Proses yang masih terjadi hingga saat ini.

Ka'bah dan daerah Mataf. Tidak ada lantai lain di bawah mereka.

Dahulu para peziarah dapat masuk ke dalam Ka'bah. Kemungkinan karena jumlah jemaah haji yang tidak sebanyak saat ini, jadi tidak perlu berdesak-desakan.

Kondisi pasar dan warung dekat Masjid Al Haram saat itu.