Find Us On Social Media :

Berakhir Pekan ke Bandung? Jangan Lupa Cicipi Es Durian yang Legitnya Bikin Enggak Tahan

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 27 Agustus 2017 | 13:00 WIB

Intisari-Online.com – Es krim durian bukan sesuatu yang istimewa. Bisa dijumpai di mana-mana. Bahkan perusahaan es krim nasional pun ada yang memproduksi varian es krim durian.

Tapi kalau daging buah durian utuh lalu disiram es? Rasanya tidak terlalu banyak yang menjajakannya.

Salah satu yang sedikit itu adalah Kantin Sakinah di Jln. Tubagus Ismail, sekitar Pasar Simpang Dago, Bandung.

(Baca juga: Sedang Menikmati Akhir Pekan di Bandung? Jangan Lupa Nikmati Yoghurt Si Minuman Sehat khas Bandung)

Sejarah es durian Kantin Sakinah bermula dua puluh tahun lalu. Pemiliknya, Aip Sarifudin, pada awalnya adalah penjual es campur di Jln. Tamansari sejak tahun 1980.

Tahun 1987, ia memindahkan warungnya ke tempat yang lebih strategis di Jln. Tubagus Ismail I no. 1.  Nama kantinnya Sakinah.

Menu utamanya es durian. Tak dinyana, ternyata dagangan baru ini laris manis. Saking banyaknya pengunjung yang mencari es durian, maka nama kantin pun diubah menjadi Es Durian Kantin Sakinah.

Kantinnya sederhana, tipikal kantin pada umumnya dengan beberapa gerobak dagangan. Menu di kantin ini tidak hanya es durian.

Ada juga mi ayam. Pelayanannya tergolong cepat. Apalagi jika kita memesan es durian. Hanya dalam hitungan semenit, es sudah siap di meja.

Penampilan es ini wuiiih benar-benar menggoda selera. Penggemar durian dijamin akan segera meleleh air liurnya.

Bongkahan utuh biji-biji durian dengan dagingnya yang lembut kekuningan bertumpuk-tumpuk di mangkuk. Dalam semangkuk, isinya 8 – 10 biji, lo.

Kalau Anda tak suka ribet mengulum biji durian, tak usah khawatir. Anda bisa pesan dagingnya saja, kok. Enak, tinggal nyendokin aja.

Varian menu es durian di sini sangat banyak. Namanya pun unik-unik. Semua berbahan utama durian dengan tambahan sirup berbeda-beda.