Find Us On Social Media :

Pingin Menang Lotere? Peluangnya Hanya Segini Lo!

By Agus Surono, Sabtu, 26 Agustus 2017 | 18:45 WIB

Intisari-Online.com – Belum lama ini terkabar seorang perempuan bernama Mavis Wanczyk (53) dari negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat, meraih hadiah lotere terbesar untuk satu tiket di Amerika Serikat, senilai 760 juta dollar AS, atau sekitar Rp10 triliun.

Wanczyk membeli lotere kemenangannya di sebuah toko serba ada di stasiun pompa bensin di Kota Chicopee. Langsung saja ia menghubungi bosnya di sebuah rumah sakit dan menyatakan berhenti bekerja setelah membanting tulang di RS itu selama 32 tahun.

Setiap minggu jutaan orang membeli undian dengan harapan menjadi jutawan dan bisa terbang ke Karibia tanpa memikirkan kembali pekerjaan.

Namun kebanyakan orang pun tahu bahwa peluang mereka untuk memenangkan undian itu cukup sulit. Toh hal itu tak menghentikan kita untuk berharap menjadi kaya raya setiap kali kita membeli tiket.

Pertanyaannya, seberapa besar kemungkinan kita memenangkan undian?

(Baca juga: Rodney Meadows, Pria Beruntung yang Menangkan Lotere Senilai Hampir Rp140 miliar dalam Waktu Dua Menit)

Memilih lotere mengharuskan kita untuk memilih enam nomor yang berbeda antara 1 dan 60. Untuk mendapatkan jackpot kita harus memilih setiap satu dengan benar.

Nah, kemungkinan kita melakukan ini adalah 1 dari 45 juta kemungkinan. Jika nomornya antara 1 dan 50, kemungkinan itu menjadi lebih kecil, 1 dari 14 juta.

Bandingkan dengan beberapa perbandingan lainnya. Kita memiliki peluang 1 dari 700.000 kemungkinan terkena meteorit yang gagal kebakar di atmosfer.

Jadi jika kita membeli tiket lotere, kita lebih cenderung untuk memperoleh kekecewaan daripada memenangkan jackpot.

Bagi beberapa orang pemenang lotere, tentu itu akan menjadi mimpi yang menjelma nyata. Bagi orang lain, impian itu seperti melihat bumi dari luar angkasa.

Nah, ternyata impian terakhir itu masih lebih mungkin sebab untuk mencapai impian mereka menjadi astronaut kemungkinan adalah 1 dari 12 juta.

(Baca juga: Jodoh Itu Kadang Seperi Konsep Emansipasi, Juga Seperti Lotere)