Find Us On Social Media :

Percaya dengan Klaim Pria Lebih Kuat dari Wanita? Sains Justru Bilang, Wanita Punya Stamina Lebih Dari Pria Lo

By Agus Surono, Jumat, 25 Agustus 2017 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com – Mereka yang tinggal di pedesaan pasti sering melihat hal ini. Ibu-ibu menggendong barang bawaan di punggung mereka sambil bercanda ria dengan sesama ibu-ibu lain. Misal sepulang dari pasar.

Atau melihat ibu-ibu buruh gendong di Pasar Beringharjo Yogyakarta yang mengangkat beban tak kalah dengan para bapak-bapak namun masih bisa ngobrol dan mukanya terlihat tanpa beban.

Lalu muncul pertanyaan, apakah wanita lebih perkasa dibandingkan dengan pria?

Ternyata sains membuktikan bahwa hal itu memang benar adanya. Meski sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pria dibangun dari otot yang berbeda dengan wanita dan seringkali secara fisik lebih kuat.

Namun sebuah penelitian yang diterbitkan di Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism membantah anggapan tersebut.

(Baca juga: Catat! Inilah 6 Ciri Figur Fisik Wanita yang Bisa dengan Mudah Membuat Pria 'Mabuk Kepayang')

Ketika peneliti mempelajari delapan pria dan sembilan wanita dengan tingkat usia dan kebugaran yang sama untuk melakukan latihan pelurusan kaki yang melibatkan otot di bagian belakang kaki yang digunakan untuk tugas sehari-hari seperti berdiri dan berjalan, para pria hanya lebih cepat dan lebih kuat di awal saja.

Ternyata mereka lelah lebih cepat dari pada wanita. Masuk akal sih karena wanita cenderung merasa kurang lelah dibanding pria setelah aktivitas yang memerlukan daya tahan seperti lari lintas alam ultra (meski pria cenderung finis lebih cepat).

Meskipun penelitian baru ini skalanya masih kecil, tidak termasuk transgender, dan hanya menguji satu kelompok otot terisolasi pada dua jenis kelamin, namun temuan tersebut menunjukkan bahwa "wanita dapat bertahan lebih lama dari laki-laki dengan selisih yang besar," kata peneliti Brian Dalton, asisten profesor di Sekolah Kesehatan dan Sains Olahraga, Universitas British Columbia, dalam siaran persnya.

"Kedua jenis kelamin memiliki kemampuan fisik yang bernilai."

(Baca juga: Bagian Fisik Wanita yang Diperhatikan Pria Pada Lima Menit Kencan Pertama)