Find Us On Social Media :

Mengapa Sebaiknya Tidak Memakai Sepatu yang Sama Setiap Hari?

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 22 Agustus 2017 | 20:15 WIB

Intisari-Online.com – Apakah Anda memakai sepasang sepatu yang sama setiap hari? Jika demikian, inilah saatnya untuk berubah.

Maksudnya ini bukan berarti menjadi korban mode, tetapi bertukar sepatu bisa membuat mereka bertahan lebih lama, dan mungkin juga lebih baik untuk kaki kita.

Gunakan sepatu yang memiliki bantalan, seperti sepatu joging sepatu kets, misalnya.

(Baca juga: Untuk Para Perempuan Pekerja Kantoran, Begini Menghilangkan Nyeri karena Memakai Sepatu Hak Tinggi)

“Banyak sepatu yang demikian, biasanya semacam bahan dengan sel terbuka,” kata Dr. James Christina, CEO American Podiatric Medical Association, kepada today.com.

Saat kita berlari, bantalan itu rata, dan perlu beberapa saat agar bantalan itu kembali ke keadaan semula. Maka ia menyarankan untuk membeli dua pasang sepatu yagn sama, dan bergantian memakainya.

Alasan lain mengapat kita harus bergantian memakai sepatu adalah keringat. Kaki kita berkeringat sepanjang hari, dan sepatu meredamnya. Artinya, sepatu pun memerlukan waktu untuk kering dari keringat sebelum kita memakainya kembali.

Apalagi jika sepatu itu benar-benar basah kuyup. Ya mau tidak mau, kita harus membiarkan sepatunya kering sebelum memakainya lagi.

Mengganti sepatu yang lembab juga membantu menghambat pertumbuhan jamur.

Bagi Anda, wanita, penggemar sepatu berhak tinggi, Christina merekomendasikan ketinggian hak sepatu yang bergantian.

Itu bisa mencegah otot betis dan memperpendek tendon Achilles. Dan cobalah tetap memakai sepatu dengan hak yang tidak lebih tinggi dari 2,5 inci.

Simpanlah sepatu  berhak tinggi Anda untuk acara-acara khusus, yang tidak banyak berjalan kaki. Sepatu yang tidak terlalu tinggi pun sebaiknya dihindari pemakaiannya setiap hari juga.

(Baca juga: Terkenal Praktis, Siapa Sangka Jika Sandal Jepit Ternyata Menyimpan Risiko Masalah Kesehatan yang Serius)

Cara lain untuk menjaga kaki tetap tegak? Pastikan sepatu yang kita pilih pas dan tidak menyakitkan kaki.

Mereka yang memiliki diabetes atau sirkulasi yang buruk, harus sangat berhati-hati, jelas Dr. Christina.