Find Us On Social Media :

Wow, Ada Robot Yang Bisa Memimpin Upacara Pemakaman! Bagaimana Ia Merapal Doa'doa?

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 20 Agustus 2017 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com – Pepper adalah robot humanoid pertama di dunia yang diproduksi oleh SoftBank Group Corp lewat SoftBank Robotics di Jepang.

Sejak diproduksi secara massal pada 2015, robot-robot Pepper sudah berperan dalam berbagai pekerjaan manusia.

Salah satunya adalah robot Pepper yang berperan sebagai pendeta Buddha. Yap, robot setinggi 1,2 meter itu dipakaikan kostum dari sutra layaknya seorang pendeta.

(Baca juga: Gawat Robot Mirip Manusia Ini Ingin Miliki Keluarga dan Hancurkan Semua Manusia)

‘Pendeta’ Pepper ini dipekerjakan oleh perusahaan pemakaman Nissei Eco Co di Kanagawa, Jepang. Robot dari plastik itu berperan sebagai pendeta alternatif yang berbiaya murah, yang akan membantu jalannya upacara pemakaman.

Perusahaan pemakaman yang sudah berdiri sejak tahun 2000 itu menyediakan robot pendeta Buddha dalam 4 sekte terbesar yang ada di Jepang.

Mengapa sampai harus ada pendeta dari robot?

Dilansir dari The Japan Times, biaya pemakaman di Jepang tidak murah alias sangat mahal. Biaya pemakaman saja bisa menghabiskan dana jutaaan yen.

Apalagi bila pemakaman itu dirancang dengan upacara tradisional kematian di Jepang. Biayanya akan jauh lebih mahal lagi.

Nah, Nissei Eco menawarkan kepada para pelanggannya ucapacara pemakaman dengan biaya lebih murah. Untuk itu, pendeta yang akan memimpin jalannya upacara adalah robot Pepper ini.

Upacara pemakaman dipimpin oleh robot hanya dikenakan biaya 50 ribu yen atau Rp6 juta saja.

Menurut perusahaan pemakaman itu, perlu usaha besar untuk menggunakan inovasi menjadi suatu adaptasi industri sesuai dengan perubahan zaman. Karenanya, program pendeta robot ditawarkan kepada pelanggan yang pemikirannya lebih sekuler.

Lebih jauh lagi, perubahan demografi mendorong industri pemakaman untuk bereksperimen dengan pelayanan jenis baru.