Find Us On Social Media :

Wow, Ini Dia Wine Warna-Warni Bak Pelangi!

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 12 Agustus 2017 | 20:00 WIB

Intisari-Online.com – Selama ribuan tahun, orang membuat minuman anggur dalam 3 warna, yaitu merah, putih, dan rose.

Namun kini, minuman anggur itu tersedia pula dalam warna-warna yang unik, seperti oranya, biru, hijau, hingga pink.

Adalah perusahan pembuat anggur Gi¨k yang menciptakan kali pertama anggur dengan warna biru. Perusahan asal Spanyol itu selama 2 tahun bekerja sama dengan ilmuwan di University of the Basque Country dan peneliti makanan di Azti Tecnecalia.

(Baca juga: Waspadalah, Segelas Wine per Hari Cukup untuk Meningkatkan Risiko Kanker Payudara)

Mereka mencoba menggunakan antosianin untuk menciptakan manipulasi warna minuman anggur. Antosianin adalah pigmen alami dari kulit buah anggur.

Ternyata anggur berwarna biru itu sukses dalam penjualan. Dalam laporan di Januari 2017 saja, Gi¨k berhasil menjual 100.000 botol dalam waktu kurang dari 6 bulan.

Kini perusahan penjual anggur warna biru itu mendapat saingan dari perusahan pembuat anggur lainnya di Spanyol, yaitu Bodega Santa Margarita. Perusahaan yang berbasis di daerah Caudeta itu juga menggunakan tehnik yang sama.

Bodega menciptakan anggur dalam warna-warna yang tidak biasa, yaitu hijau, orange, dan pink dalam seri yang bertajuk “Passion”. Mereka sudah siap memasarkannya di pasaran Eropa seperti di Belanda dan Inggris.

Seperti halnya Gi¨k, Bodega juga menggunakan antosianin untuk anggur Passion Blue mereka. Tapi tidak dijelaskan bagaimana mereka membuat anggur dengan warna orange dan pink.

Bisa jadi mereka mengkombinasikan anggur dan menambahkan pigmen kulit buah anggur. Untuk pastinya minuman itu benar-benar alami.

“Dalam beberapa minggu terakhir minuman anggur ini sudah terjual,” kata Vincent Janssen, seorang importer anggur dari Belanda kepada situs Share-a-Bottle.

Menurutnya, mereka juga menggunakan ide itu, tetapi warna yang tampak benar-benar bernilai bagi orang-orang. Minuman itu terlihat berbeda dan rasa anggurnya enak juga.

(Baca juga: Anggur ‘Istimewa’ Sang Penjaga Penginapan yang Merenggut Nyawa 11 Tamunya, Termasuk Tamu Terakhir yang Tak Terduga)