Find Us On Social Media :

Ayo Berkenalan dengan Civic Type R yang Jadi Jagoan Honda di Ajang GIIAS 2017

By Ade Sulaeman, Kamis, 10 Agustus 2017 | 19:40 WIB

Intisari-Online.com - Honda kembali hadir dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada Agustus 2017, Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang.

Untuk tahun ini, tema yang  usung adalah “Born To Race” yang ditampilkan melalui desain booth dan mobil-mobil yang ditampilkan.

“Kehadiran Honda di ajang pameran otomotif ini merupakan bukti dari komitmen Honda terhadap industri otomotif di Indonesia. Dari tahun ke tahun Honda selalu menampilkan produk-produk terbaru, mulai dari model untuk pasar lokal hingga model global”. Ujar Presdir PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe di sela-sela acara, Kamis (10/8).

Secara total, Honda menampilkan sebanyak 33 mobil. Namun, ada satu mobil yang tentunya menjadi jagoan utama di booth Honda, yaitu Honda Civic Type R.

Mobil ini terus menjadi buah bibir sejak kemunculannya di Geneva Motor Show Maret 2017. Bukan hanya karena penampilannya saja, tapi juga performanya.

(Baca juga: Ini Dia Tampilan dan Harga Civic Hatchback Turbo yang Baru Diluncurkan Honda, Dijamin akan Membuat Kita Ingin Segera Memilikinya)

Civic baru ini bisa tampil sangat agresif dengan tenaga 310 PS (306tk) dan 400 Nm (295 lb-ft) yang dimilikinya. Yang menarik, ada bagian yang tak “biasa” di bagian belakang mobil ini.

Model “hot hatch” asal Jepang memiliki tiga knalpot. Namun, pemasangan knalpot itu buka hanya sebagai pemanis, tapi juga memiliki fungsi tersendiri.

Dua pipa besar di kanan kiri mengadopsi straight-flow muffler. Sementara untuk pipa bagian tengahnya, berfungsi sebagai resonator (peredam suara) dengan memiliki trik pemanja telinga lainnya.

Jadi, saat melaju kencang di jalan raya, suaranya tak banyak berdengung atau meledak-ledak yang bisa membuat telinga tidak nyaman.

(Baca juga: Menguji Akselerasi Mesin Turbo All New Civic Lewat Adu Kebut)

Civic Type R ini juga memegang rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Catatan lapbyime mencapai 7 menit 43,80 detik.

Usut punya usut,  logo Type R telah melekat pada model-model Honda dengan performa maksimal yang terinspirasi dari mobil balap.

Bagaimana dengan mesinnya?

Nah, mobil ini disokong dengan mesin 2.000 cc VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 310 PS @6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm @2.500-4.000 rpm.