Setiap Hari Karyawan di Kantor Ini Harus Membawa Anjing Mereka Ke Kantor, Ini Alasannya

Moh Habib Asyhad

Penulis

Berbagai cara dilakukan agar mood kerja atau kreatifitas mereka muncul kembali. Nah, cara yang dilakukan di kantor biro iklan ini sangat menarik karena karyawannya diharuskan membawa anjing mer

Intisari-Online.com – Sebuah kantor biro iklan di Bangkok, Thailand, punya cara unik agar karyawannya tidak stress dan kreatif.

Biro iklan yang bernama Adyim itu mendorong para karyawannya untuk membawa hewan peliharaan mereka ke kantor.

Hewan peliharaan yang diutamakan untuk dibawa adalah anjing. Tujuannya, agar hewan-hewan itu membantu para karyawan lebih rilek sehingga kreatifitas mereka selalu terjaga.

Adyim adalah salah satu perusahaan marketing digital yang sukses di Thailand. Memasuki kantor ini, para tamunya pasti akan melihat pemandangan yang tidak biasa.

(Baca juga:Tuntut Kreativitas, Perusahaan Asal Jepang Ini Larang Karyawannnya Duduk Saat Bekerja)

Para karyawan sedang memangku anjing, sementara tangannya tetap asyik memegang tetikus komputer. Bahkan ada anjing yang sedang santai berbaring di meja karyawan.

Tidak jarang selama mereka rapat, anjing-anjing mereka asyik pula bermain atau sekadar berbaring di meja rapat.

Menurut manager perusahaan, Anankanat Kongphanich, kantor mereka memang mendorong para karyawan untuk membawa hewan peliharaan mereka ke kantor sesering mungkin.

Hewan-hewan itu dibiarkan berkeliaraan di kantor dan karyawan bisa bermain bersamanya saat jam istirahat.

Anankanat menambahkan, bahwa perusahaan ingin agar tim mereka lebih rilek dan nyaman saat bekerja. Harapannya cara ini bisa meningkatkan produktivitas para karyawan.

Manager Adyim itu bukan sekadar berteori. Menurut penelitian di University of Minnesota, memiliki hewan peliharaan bisa mengurangi stress dan memperbaiki kualitas kerja.

(Baca juga:Cinta antara Manusia dan Hewan Piaraannya: Tunawisma Ini Terus Menjual Limau Agar Kucingnya Tetap Bisa Makan)

Karenanya, Adyim mengklaim sejak kebijakan itu dilakukan, atmosfer di kantor mereka jadi bagus. Para pekerja bekerja dengan efisien dan produktivitas kantor meningkat.

Masih menurut Anankanat dalam wawancara dengan BBC Thailand, ia terinspirasi dari perusahaan di Jepang, Ferray Corporation. Perusahaan itu menjadi headline di surat kabar pada 2 tahun lalu karena mendorong karyawannya untuk membawa hewan peliharaan ke kantor.

Alasan perusahaan itu sama, yaitu untuk membuat para karyawannya lebih rilek saat bekerja. Dilaporkan hasilnnya pun sama, yaitu tingkat stress pekerja jadi menurun dan atmosfer kerja menjadi lebih baik.

“Sore haris usai rapat dengan klien, kami kembali ke kantor dan merasa sedikit tertekan. Jadi kami langsung bermain dengan anjing kami, mengelus kepalanya, menggendongnya, dan melihat mereka berlarian membantu kami mengeluarkan stress itu,” kata seorang karyawan Adyim.

“Kami ingin kantor kami terlihat sebagai rumah kedua bagi para karyawan. Ketika mereka datang ke kantor, mereka bertemu teman, bermain bersama hewan peliharaan, artinya mereka datang ke kantor untuk melakukan aktifitas yang menyenangkan, tidak sekadar untuk bekerja,” tambah Anankanat.

Uniknya, banyak karyawan Adyim yang sebelumnya tidak terlalu suka dengan kebijakan ‘bawa hewan peliharaan ke kantor’. Namun, setelah melihat rekan kerja berinteraksi dengan anjingnya dan dikelilingi hewan yang menyenangkan, akhirnya mereka jadi ikut memelihara anjing pula.

(Baca juga:Eks Bintang Porno Thailand Ini Bertemu “Sugar Daddy” Berusia 70 Tahun, Semua Berkat Doa dan Meditasi)

Salah seorang karyawan mengaku dirinya sebal dengan suara anjing, tetapi begitu ia mencoba bermain dengan hewan itu, ia merasa ingin memiliki seekor anjing pula.

Hal yang sama juga diakui karyawan Adyim lainnya. Sejak bekerja di kantor itu selama setahun, ia pun memutuskan untuk membeli seekor anjing.

Sekadar tahu, setiap hari di Adyim rata-rata ada 20 ekor anjing yang dibawa oleh karyawannya.

Artikel Terkait