Find Us On Social Media :

Tora Sudiro Ditangkap Gara-gara Dumolid yang Bisa Bikin Otak Tulalit

By Agus Surono, Kamis, 3 Agustus 2017 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com  - Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia ditangkap polisi di rumahnya Perumahan Bali View, Tangerang Selatan.

Polisi menemukan 30 butir dumolid di rumah Tora.

Apa itu dumolid?

Kandungan utama dumolid adalah nitrazepam. Ini jenis obat benzodiazepin yang bersifat psikoaktif. Inti struktur kimianya adalah perpaduan dari cincin benzena dan cincin diazepine.

Obat ini sering digunakan untuk pengobatan insomnia sedang hingga parah. Obat ini bekerja dengan mempengaruhi bagian otak yang mengontrol emosi dan juga merilekskan otot-otot.

Yang perlu menjadi perhatian adalah dumolid ini sangat populer di kalangan anak remaja.

(Baca juga: Dilema Artis Narkoba: Agar Stamina Kuat Eh Malah Masuk Penjara)

Sebagai obat penenang, dumolid digunakan untuk membantu mereka yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Juga diresepkan pada mereka yang mempunyai riwayat depresi guna membuat mereka lebih mudah istirahat dan tidak terlalu lama terjaga.

Sayangnya, banyak anak remaja yang tidak punya riwayat masalah kesehatan tersebut beralih menggunakannya untuk menjadi lebih percaya diri.

Tapi seperti pengalaman seorang ibu di Jakarta, yang diperoleh bukannya rasa PD, tapi malah tulalit.

Ia sudah tiga kali memergoki anak remajanya menggunakan pil Dumolid. Sang ibu menceritakan bagaimana anaknya bisa mengonsumsi pil tersebut dalam jumlah banyak bahkan bisa 10 atau satu setrip dalam sehari.

"Anak saya biasa mengonsumsinya dengan kopi atau soda. Bayangkan betapa bahayanya obat dicampur dengan minuman seperti itu, apa lambungnya tidak akan meledak?", terangnya.

Sang ibu juga mengatakan bahwa anak remajanya jadi lebih sering lupa dan menjadi lebih kurang teliti saat mengerjakan pekerjaan rumahnya.