Find Us On Social Media :

Ribut-ribut Dana Haji untuk Infrastruktur, Malaysia Sudah Memakainya Sejak 1980-an

By Agus Surono, Rabu, 2 Agustus 2017 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com - Baru-baru ini, wacana penggunaan dana haji untuk infrastruktur ramai diperbincangkan.

Sedangkan di Malaysia, skema tersebut bukanlah barang baru. Bahkan, negeri jiran ini sudah menerapkan penggunaan dana infrastruktur sejak puluhan tahun lalu.

"Kalau di Malaysia, itu sudah sejak 1980-an. Tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi juga untuk investasi perkebunan, pasar modal, dan lain-lain," ujar pengamat infrastruktur dari Universitas Indonesia Wicasono Adi kepada KompasProperti, Selasa (1/8/2017).

Ia menjelaskan perbedaannya, di Indonesia para calon jamaah menabung di bank. Selama menabung tersebut, dana di bank ini hanya boleh digunakan pada instrumen yang tidak berisiko seperti surat utang negara (SUN) dan obligasi.

Dengan demikian, instrumen tersebut bukanlah sektor riil yang manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat.

(Baca juga: Ternyata, Masalah 'Klasik' Inilah yang Bikin Indonesia Kalah Pesat Dibanding Malaysia dalam Pembangunan Jalan Tol)

Di Malaysia, penggunaan dana haji sudah melampaui tahap itu. Selain membiayai infrastruktur dan perkebunan, dana haji juga digunakan di pasar modal dalam bentuk saham.

"Karena mereka (Malaysia) punya manajer-manajer investasi yang digaji secara profesional serta paham industri dan keuangan," kata Wicaksono.

Dari sisi produktivitas, lanjut dia, penggunaan dana haji di sektor non-riil seperti perbankan, berbeda dengan mengonversinya di sektor riil.

Jika di sektor non-riil, penabung hanya memperoleh bagi hasil per tahun dari bunga sekitar 7-10 persen.

Sedangkan perbandingannya di Malaysia, dana haji yang digunakan di sektor riil bunganya mencapai 20 persen.

Dengan demikian, imbuh Wicaksono, dampak lembaga tabungan haji Malaysia turut serta memutar perekonomian negara.

(Baca juga: Ketua MUI Jamin Tidak Ada Celah Penyalahgunaan Dana Haji yang Dikelola Pemerintah)

"Kalau di kita, mungkin memutar juga tapi enggak secara langsung. Kalau di Malaysia itu langsung karena sektornya riil," jelas Wicaksono.

Apakah gara-gara ini panjang jalan tol Malaysia bisa menyalip Indonesia padahal Indonesia memulai lebih dahulu? (Indonesia membangun jalan tol sejak 1978 dan kini panjangnya 949 km, sementara Malaysia membangun jalan tol sejak tahun 1990 namun kini panjangnya sudah 3.000 km.) (Arimbi Ramadhiani)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul: Malaysia Sudah Pakai Dana Haji untuk Infrastruktur Sejak 1980-an