Find Us On Social Media :

Masih Ingat Foto Melet Albert Einstein yang Ikonik Itu? Foto Ini Ternyata Sudah Terjual Rp1,6 Miliar dalam Pelelangan

By Moh Habib Asyhad, Senin, 31 Juli 2017 | 18:15 WIB

Ternyata Istri Kedua Einstein adalah Sepupunya Sendiri

Intisari-Online.com - Masih ingat dengan foto melet Albert Einstein yang ikonik itu?

Ternyata foto yang bertanda tangan itu baru saja laku terjual seharga Rp1,6 miliar. Tak ayal ini menjadikannya sebagai foto termahal di dunia.

Foto itu diambil pada 14 Maret 1951 oleh fotografer United Press International (UPI) Arthur Sasse saat perayaan ulang tahun Albert Einstein ke-72 di The Princeton Club.

(Baca juga: Jenius! Bocah Laki-laki 11 Tahun Ini Dapat Skor IQ Lebih Tinggi dari Albert Einstein dan Stephen Hawking)

Sasse meminta Einstein tersenyum untuk pengambilan foto itu. tapi tak sekadar senyuman, ilmuwan dengan rambut ikonik itu juga memberikan lidahnya, menjulurkan lidahnya.

Foto ini disebut sebagai salah satu foto yang paling populer dari Einstein dan kerap ditemukan di mana-mana.

Einstein sendiri mengaku sangat menyukai foto itu sehingga ia meminta sembilan cetakan dari UPI untuk koleksi pribadi.

Salah satu foto itu lalu dijual dalam sebuah lelang pada Juni 2009, dan laku seharga Rp990 juta. Harga itu menjadikannya sebagai foto termahal di dunia waktu itu.

Dan foto yang terjual itu kembali dilelang di acara lelang yang diadakan Nate D. Sanders Auction belum lama ini. Berikut deskripis lengkapnya:

“Foto yang sangat langka yang ditandatangani oleh Albert Einstein, (yang diambil) saat pemenang Hadiah Nobel itu menjulurkan lidahnya ke sekolompok fotografer pada hari ulang tahunnya ke-72.

Foto itu diambil pada 14 Maret 1951 oleh Arthur Sasse, seorang fotografer UPI yang atasannya awalnya ragu untuk menerbitkan foto ikonik Einstein itu;

Ketika mereka melakukannya, Einstein sangat terhibur dengan itu sehingga dia memesan beberapa cetakan untuk diberikan kepada teman terdekatnya.

Gambar ini tidak seperti kebanyakan foto yang memperlihatkan Einstein. Di sini, foto ditampilkan dalam konteks penuhnya di mana Einstein duduk di antara Dr. Frank Aydelotte, kepala Institute of Advanced Study di Princeton, dan istrinya, setelah merayakan hari kelahiran di Princeton Club.

Foto itu ditandatangani di sepanjang sisi kiri “A. Einstein .51”, menunjukkan bahwa dia menandatangi foto itu sesaat setelah diambil. Foto berukuran 7” x 10”.

Kondisinya masih sangat baik. Foto langka yang luar biasa ditandatangani oleh Einstein, gambar yang paling terkenal dan dicintainya.”

(Baca juga: Anak Presiden Kirgizstan Unggah Foto Menyusui: Memang Kenapa Mengunggah Foto Menyusui di Media Sosial?)

Penawar tunggal memenangkan pelelangan, yang dipatok dengan harga minimum 100 ribu dolar AS itu, dengan mahar sebesar 125.500 dolar AS (sekitar Rp1,6 miliar).

Harga sebuah foto termahal di dunia akhirnya telah dipecahkan oleh foto yang sama.