Find Us On Social Media :

Ternyata Beberapa Bintang Hollywood Ini Pernah Ikut dalam Perang Dunia II, Ada Satu yang Paling Dicari Adolf Hitler

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 28 Juli 2017 | 19:45 WIB

Inilah salah satu bintang Hollywood yang ikut dalam Perang Dunia II

Intisari-Online.com - Jika dalam film Dunkirk para pemainnya bisa dipastikan tidak memiliki pengalaman perang, lebih-lebih Perang Dunia, maka tidak dengan bintang-bitang Hollywood ini.

Para bintang film Hollywood ini, terutama yang masa mudanya mengalami hidup bersamaan dengan PD II, ternyata banyak yang terjun ke medan perang sungguhan.

(Baca juga: Bintang Hollywood Ini Saja Memuji Menteri Susi, Masa Kita Tidak?)

Pemicu para aktor Hollywood sampai termotivasi terjun ke PD II yang sedang berkobar di kawasan Asia-Pasifik dan Eropa adalah serangan Jepang yang meluluhlantakkan Pearl Harbour dan menewaskan 2.500 orang.

Publik AS yang sangat marah atas serangan Pearl Harbour itu tersulut patriotismenya dan memutuskan bertempur melawan Jepang, termasuk para aktor Hollywood.

Beberapa aktor Hollywood yang terjun ke PD II dan selamat lalu kembali menjadi bintang film yang makin tersohor antara lain Charles Bronson, Charlton Heston, Paul Newman, Rock Hudson, Jimmy Steward, Henry Fonda, Jackie Coogan, Tony Curtis, Clark Gable, dan lainnya.

Terjunnya para aktor Hollywood ke medan perang, terutama medan tempur di kawasan Eropa, itu ternyata diketahui oleh pasukan Nazi dan oleh Adolf Hitler.

Aktor Hollywood yang saat itu sedang memiliki nama besar dan terkenal di seluruh dunia adalah Clark Gable.

Gable yang digelari “The King of Hollywood” bergabung dengan US Army Air Corps pada Agustus 1942 di usia 40 tahun dan kemudian bertempur sebagai operator senjata di pesawat  bomber B-17 melawan Nazi di Inggris.

(Baca juga: Siapa Sangka Adolf Hitler Pernah Mendapat Nominasi Nobel Perdamaian? Bagaimana Ceritanya)

Sebagai penggemar berat Gable, Hitler ternyata telah memerintahkan pasukannya untuk melakukan operasi khusus menangkap Gable lalu membawanya pulang ke Jerman.

Tapi operasi untuk menangkap Gable hidup-hidup ternyata selalu gagal padahal Hitler telah menyediakan hadiah 5.000 dolar AS yang pada tahun itu nilainya sangat besar.

Gable yang sukses menjalankan misi-misi tempurnya bahkan telah menjadi pahlawan bagi AS dan mendapat penghargaan prestisius yakni Air Medal, Distinguished Flying Cross, American Campaign Medal, European-African-Middle Eastern Campaign Medal, dan World War II Victory Medal.

(Baca juga: Inilah yang Dikatakan Veteran Perang Dunia II Ini Setelah Menonton Dunkirk, Ia Sedih dan Marah)