Find Us On Social Media :

Hipokalemia pada Boni Hargens: Inilah 10 Makanan Kaya Kalium

By Agus Surono, Selasa, 11 Juli 2017 | 18:45 WIB

Avokad, Sumber Asam Folat Ibu Hamil

Intisari-Online.com - Pengamat politik Boni Hargens diisukan sakau sabu saat live di sebuah talkshow di tvOne. Boni tampak sakit sehingga tayangan tersebut dihentikan.

Boni kemudian mengklarifikasi bahwa dirinya sedang sakit beberapa waktu belakangan. Pada tanggal 29 Juni sampai 3 Juli lalu, ia dirawat di RS Siloam karena sakit hipokalemia atau penyakit krisis kalium dalam darah.

Menurut dr Marshell Tendean, DPCP, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Ukrida, seperti dikutip detik.com, definisi dari hipokalemia sendiri merupakan keadaan di mana kadar kalium dalam darah menurun. Bisa hanya kaliumnya saja yang turun, bisa juga dibarengi dengan elektrolit lainnya.

"Penyebabnya macam-macam, bisa memang karena suplai kaliumnya terlalu sedikit, misalnya karena puasa atau diet ketat. Bisa juga karena kalium pindah tiba-tiba dari luar sel ke dalam sel, ini biasanya karena faktor keasaman darah yang jadi basa atau penggunaan insulin," ujar dr Marshell.

Nah, agar tak terserang hipokalemia, maka perhatikanlah asupan kita sehari-hari. Inilah 10 makanan yang kaya akan kalsium.

(Baca juga: Boni Hargens 'Sakau' Saat Live di TV: Inilah Tanda-tanda Orang yang Alami Sakau)

1. Air degan

Minuman khas masyarakat tropis ini juga memenuhi syarat untuk menjadi pengganti cairan dan elektrolit pada saat kita banyak berkeringat. Selain kaya kalium, air kelapa muda juga mengandung mineral-mineral lain serta gula sederhana yang mudah diserap dan bisa menjadi sumber energi seketika. Kombinasi air, gula, vitamin, dan mineralnya, terutama kalium, membuat air kelapa adalah sumber cairan dan elektrolit alami yang istimewa.

2. Air jeruk

Di samping air kelapa muda, cairan alami lain yang cocok digunakan sebagai minuman pengganti elektrolit adalah perasan jeruk manis. Kandungan gizinya bahkan lebih padat daripada air degan. Selain kalium dan mineral lain, air jeruk juga mengandung lebih banyak gula, vitamin C, antioksidan, dan gizi lain

3. Pisang

Buah ini banyak mengandung kalium. Cocok dijadikan menu pengganjal perut pada saat kita berolahraga dengan intensitas sedang. Selain itu, pisang mengandung karbohidrat yang mudah diserap sehingga bisa juga menjadi sumber energi. Kalau kita makan pisang, biasanya tidak sampai kekenyangan. Tidak seperti makan nasi yang sering kali sampai kekenyangan dan justru bisa menyebabkan kram perut ketika berolahraga.