Find Us On Social Media :

Salut! Meski ‘Hanya’ Bekerja Sebagai Cleaning Service, Pria Ini Berhasil Lulus S2. Bahkan Berencana Lanjut S3

By Ade Sulaeman, Selasa, 11 Juli 2017 | 09:00 WIB

Jurmansyah

Intisari-Online.com - Banyak jalan menuju Roma. Meski harus melintasi jalan terjal nan berliku, Jurmansyah akhirnya bangga bisa menyelesaikan Program Magister (S2) Ilmu Administrasi Negara di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

Sehari-hari, Jurmansyah bekerja sebagai petugas kebersihan (cleaning service) di tempat di kuliahnya.

Pria kelahiran 1985 ini menjadi satu dari 1.080 mahasiswa yang mengikuti prosesi wisuda gelombang ke II 2017 Unmul Samarinda, Sabtu (8/7/2017) lalu.

Saat matahari baru bersinar, Jurmansyah harus sudah berada di kampus, tepatnya pukul 06.30 Wita. Namun bukan untuk belajar.

Jurmansyah harus tiba lebih pagi di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Unmul, tempatnya kuliah S2 untuk membersihkan sembilan ruangan yang akan dipakai kuliah.

(Baca juga: Meski Hidup dalam Segala Keterbatasan, Remaja Ini Berhasil Raih Beasiswa untuk Kuliah di Kedokteran Gigi UGM)

"Sudah sejak 2013 saya jadi cleaning service di kampus Fisipol. Sampai sekarang pun masih," kata Jurmansyah, memulai perbincangan usai mengikuti prosesi wisuda.

Ayah dua anak ini rupanya sudah terbiasa dengan pekerjaan serabutan hanya untuk bisa menggapai cita-cita.

Meraih pendidikan setinggi mungkin. 2004 lalu, anak keenam dari tujuh bersaudara ini memulai pendidikan tingginya di Universitas 17 Agustus Samarinda.

Saat itu, Jurmansyah mengambil jurusan Ilmu Hukum.

Jurmansyah saat itu harus bekerja serabutan demi mengongkosi pendidikannya, bekerja sebagai loper koran, penyapu jalan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Samarinda, hingga menjaga toko handphone pun dilakoni.

(Baca juga: Jalan Kaki Sejauh 16 Km Setiap Hari, Petugas Penilik Jalur Kereta Api Ini Berhasil Kuliahkan Anak-anak di PTN)