Find Us On Social Media :

Ada Orang yang Otaknya Cerdas Namun Tindakannya Bodoh, Begini 7 Ciri-Cirinya!

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 20 Juni 2017 | 18:15 WIB

Cerdas tapi tindakannya bodoh

Intisari-online.com - Kadang orang-orang cerdas memiliki reputasi buruk dalam perilakunya.

Sebabnya adalah tindakannya yang kadang-kadang tidak sejalan dengan kepintarannya.

(Baca juga: Orang Cerdas Punya Trik Sendiri Menghadapi Orang yang Tidak Disukainya, Begini 8 Caranya!)

Seorang psikolog dari James Madison University melakukan tes logika terhdapan ratusan orang untuk membandingkan akurasi jawaban mereka dengan tingkat intelegensinya.

Penelitian tersebut menemukan bahwa orang pintar/cerdas cenderung memberikan jawaban yang salah dari pertanyaan. Setelah diselidiki, bukan kecerdasan mereka yang kurang.

Namun ketidaksabaran mereka untuk menjawab pertanyaan. Saking percaya dirinya, mereka menjawab tanpa berpikir. Huffingtonpost.com merumuskan, setidaknya ada delapan perilaku bodoh orang cerdas:

1. Orang cerdas yang terlalu percaya diri.

Karena menerima banyak pujian dan prestasi, ia berbangga diri dan tinggi hati. Akibatnya kurang mampu menyadari kelemahannya sendiri.

2. Orang cerdas menekan orang terlalu keras.

Karena ia mampu, ia merasa semua orang harus mengikuti standarnya. Tanpa menyadari bahwa tidak semua orang bisa melakukan hal yang sama seperti dirinya. Akhirnya ia menekan orang lain seolah orang lain tidak berjuang seperti dirinya.

3. Orang cerdas yang selalu merasa benar.

Orang normal biasanya sulit menerima fakta bahwa dirinya bersalah. Apalagi orang cerdas, mengakui kesalahan adalah sesuatu yang memalukan baginya.