Penulis
Intisari-Online.com - Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang pada Senin (29/10/2018) hingga saat ini masih dalam proses pencarian.
Sebagian puing dan tubuh korban sudah ditemukan, begitu pula dengan satu bagian kotak hitam yang berisi catatan data penerbangan (FDR).
Basarnas pun memutuskan untuk menambah jangka waktu pencarian korban selama tiga hari hingga 7 November 2018.
Sementara untuk membantu proses penyelidikan, KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) mengaku telah berhasil mengunduh data penerbangan pesawat Lion Air berjenis Boeing 737 Max 8 ini.
Baca Juga : Sudah Terima 105 Kantong Jenazah, Tim DVI Sulit Identifikasi Karena Tak Temukan Satu pun Gigi Korban JT 610
Dengan ditemukannya potongan pesawat yang besar, bagian roda dan turbin pesawat, misteri jatuhnya Lion Air JT 610 mulai terkuak.
Menurut KNKT, pesawat tersebut masih dalam keadaan mesin yang aktif sesaat sebelum jatuh ke laut.
"Mesin dalam keadaan hidup dan putarannya cukup tinggi saat menyentuh air," kata Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono pada Senin (5/11/2018).
Hal itu didapat KNKT dari investigasi di bagian mesin Lion Air yang berhasil ditemukan oleh Basarnas.
Baca Juga : Usianya Sudah 106 Tahun Namun Pikirannya Tetap Tajam, Dokter ini Ungkapkan Kuncinya
"Dilihat dari hasil temuan itu, mesin dalam keadaan hidup dan RPM tinggi. Mesin berputar tinggi saat menyentuh air," lanjutnya.
Sebelumnya, masyarakat berspekulasi bahwa pesawat JT 610 ini meledak di udara dan saat mencapai laut sudah berupa puing-puingnya saja.
Hal ini juga diperkuat dengan beberapa kesaksian warga yang mengaku sempat melihat pesawat menukik tajam dengan bunyi ledakan yang cukup kuat.
Baca Juga : Satu per Satu Bagian Pesawat Lion Air JT 610 yang Jatuh Ditemukan, Ada Roda Hingga Turbin Pesawat
Namun berdasar hasil investigasi KNKT, hal tersebut salah.
Soerjanto menegaskan bahwa pesawat Lion Air JT 610 tidak meledak di udara.
Investigasi sementara KNKT menunjukkan adanya kemungkinan pesawat hancur saat bertubrukan dengan laut.
"Berbeda ya. Kalau meledak di atas, (sebelum menyentuh air), tentu serpihan pesawatnya luas. Tapi ini tidak. Jadi, pesawat ini jatuh dan hancur saat bersentuhan dengan air," tegas Soerjanto.
Baca Juga : Tak Perlu Tinggi atau Kurus, Ini 5 Cara Untuk Mencintai Bentuk Tubuh Sendiri
Untuk lebih jelasnya, KNKT masih harus menganalisa data unduhan dari kotak hitam Lion Air.
Analisa akan dilakukan mulai hari ini, Senin (5/11/2018). Proses analisa ini akan berjalan cukup lama agar semua data bisa dipastikan validitasnya.
KNKT berharap data dari kotak hitam itu akan bisa mengungkap penyebab jatuhnya pesawat secara jelas.
Baca Juga : Viral Kabar Restoran Vegetarian di Thailand Sajikan Daging Manusia Ternyata HOAX, ini Faktanya