Find Us On Social Media :

Mau Hemat Listrik? Pahami Dulu Perbandingan Lampu Pijar, CFL, dan LED

By Yoyok Prima Maulana, Senin, 26 Juni 2017 | 16:30 WIB

Perbandingan lampu pijar vs CGL vs LED

Intisari-online.com - Tarif Dasar Listrik terus naik. Tagihan listrik rumah tangga pun membubung.

Agar lonjakan tagihan listrik bisa dikendalikan, kita mesti pintar-pintar mengatur penggunaan perangkat listrik rumah tangga.

Salah satu hal yang bisa disiasati adalah pemakaian lampu penerangan rumah.

Hingga saat ini ada tiga jenis lampu yang beredar di pasaran, yakni lampu pijar, Compact Fluorescent Light (CFL), dan Light Emitting Diode (LED).

(BACA JUGA:)

Kalau diurutkan dari tingkat kehematannya, lampu LED merupakan yang paling hemat listrik saat ini, kemudian lampu CFL, dan lampu pijar yang paling boros listrik.

Menurut keterangan dari Direktorat Konservasi Energi, lampu pijar 40 watt memiliki tingkat keterangan yang sama dengan lampu CFL 8 watt dan LED 4 watt.

Jadi, jika 48 juta pelanggan listrik mengganti 1 saja lampu pijar menjadi CFL, maka akan menghemat listrik sebesar 1.536 mW.

Lebih lagi kalau diganti LED. Penghematan yang didapat bisa sebesar 1.728 mW.

Perbandingannya sebagai berikut:

                   Lampu Pijar                CFL                                       LED Daya            40 Watt                     8 Watt                                    4 Watt Harga           Rp5.000-an                Rp30.000-an                           Rp50.000-an Ketahanan    1.200 jam                  6.000 jam                               25.000 jam

(BACA JUGA:)