Find Us On Social Media :

Terbuat dari Bahan Murah, Krokodil Narkoba yang Dapat Mengubah Orang Jadi 'Buaya' dan Membusuk

By Adrie Saputra, Sabtu, 3 November 2018 | 12:15 WIB

Intisari-Online.com - Meskipun narkoba mungkin memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, hampir semua obat-obatan terlarang mencapai status "terlarang" karena mereka diyakini berbahaya bagi orang yang menggunakannya.

Meski begitu, orang-orang masih mencari dan menggunakan obat-obatan itu - dan kadang-kadang mereka mungkin tidak sadar akan risiko ketika menggunakannya.

Salah satu zat paling berbahaya di pasar saat ini adalah krokodil, yang mirip versi heroin - jika dikelola secara salah akan menyebabkan daging pengguna menjadi nekrosis dan membusuk.

Bahkan, itu mengambil nama dari penampilan reptil bersisik yang diberikan kepada kulit pecandu krokodil, karena orang yang mengonsumsinya sering berakhir menyerupai buaya.

Baca Juga : Cegah Serangan Jantung Mulai Sekarang dengan Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini!

Setelah peningkatan kasus yang terlihat di luar Rusia dan Ukraina (di mana obat itu berasal), para ahli bekerja untuk mendidik orang-orang tentang efek dan bahaya krokodil, yang juga menggunakan nama "Magic Rusia", "Poor Man's Heroin", dan "Obat Zombie".

"Menurut laporan, obat ini cepat bekerja dalam dua hingga tiga menit dan 10 hingga 15 kali lebih kuat daripada morfin, dan tiga kali lebih beracun," kata drugs.com.

"Bahkan, ketika bahan kimia beracun dibuang, cukup sering tersisa adalah desomorphine, senyawa yang sangat mirip dengan heroin."

Tidak seperti heroin dan obat lain yang memiliki potensi yang sama, bagaimanapun, krokodil memiliki risiko tinggi untuk dapat diakses secara luas karena relatif murah untuk mendapatkannya.

Baca Juga : Sebelum Dihukum Mati Pengedar Narkoba Asal Malaysia Ini Ingin Fotonya Disebar, Tujuannya Sungguh Mulia

Satu dosis obat biayanya sekitar 6,40 dolar AS (Rp sekitar 100 ribu), karena terbuat dari bahan-bahan murah seperti kodein, yodium, thinner cat, minyak pembersih industri, bensin, dan alkohol.

Dr Allan Harris, seorang spesialis dalam merawat pecandu narkoba dan tunawisma, berbicara kepada HuffPost pada 2013 tentang beberapa kasus awal penggunaan krokodil yang ia saksikan di Inggris.

Menggambarkan satu pasien, dokter berkata: