Find Us On Social Media :

Mengunjungi Medan dan Menikmati Danau Toba Tempat Si Raja Batak Bersemayam di Desa Tomok

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 27 Oktober 2018 | 22:00 WIB

Intisari-Online.com – Ke Medan tanpa menikmati Danau Toba, lebih baik tak usah cerita. Kata orang, belum lengkap bila tidak menyinggahi danau di tanah Batak, di Sumatra Utara itu.

Cerita selengkapnya bisa Anda ikuti laporan perjalanan Nurhadi Rangkuti berikut ini, Si Raja Batak Ada di Desa Tomok, yang dimuat di Majalah Intisari edisi Oktober 1993.

Sejuknya udara plus perpaduan warna biru, hijau, merah, hitam, dan putih, itu pesona khas Danau Toba. Biru dan hijau adalah warna danau dan bukit, sedangkan merah, hitam, dan putih itu warna budaya Batak Toba.

Untuk mencapai lokasi danau dengan pulau di tengahnya yang terkenal, Samosir, Anda mesti menempuh jarak sekitar 170 km dari Medan.

Baca Juga : 180 Ton Ikan di Danau Toba Mati, Kerugian Nelayan Capai Rp2,7 Miliar

"Ke Tomok, Pak, uma dua ribu rupiah pulang-pergi," para tukang perahu berebut mencari penumpang di pinggir danau.

Sebuah perahu bermotor yang memuat lebih dari 50 penumpang, siap berlayar ke Pulau Samosir. Suara rekaman rocker wanita pribumi melantunkan lagu lewat pengeras suara, mencoba menghibur penumpang selama perjalanan.

Tidak sampai dua puluh  menit, perahu sudah merapat di Tomok, satu kampung Batak Toba di Pulau Samosir. "Para penumpang satu jam lagi harus kembali ke perahu," kata awak sambil menambatkan perahunya.

Waktu yang amat pendek untuk mengenal budaya Batak Toba di pulau kecil itu.

Baca Juga : Polisi Tetapkan 4 Tersangka Dalam Kasus Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Difoto minta sumbangan

Di depan pintu masuk Kampung Tomok, seseorang menghadang, "Bayar karcis masuk, Pak, seratus rupiah."

Inilah salah satu kampung di Indonesia yang pakai karcis masuk bagi para pengunjung.  Selangkah melewati gerbang, di muka terhampar sebuah pasar suvenir, mirip pasar seni. Ulos, ukiran kayu, kalender Batak, gondang, alat bunyi-bunyian macam garantung, hasapi dan sordan, tas kulit, dan T-shirt bergambar Danau Toba.